ANALISIS PENGARUH SALINITAS PELAT TERHADAP KEKUATAN CAT PADA PROSES REPAINTING MT.BORNEO MERATUS

Oktavianus, Andhika Rio (2017) ANALISIS PENGARUH SALINITAS PELAT TERHADAP KEKUATAN CAT PADA PROSES REPAINTING MT.BORNEO MERATUS. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dalam setiap proses repainting pada repair kapal selalu ada proses pembersihan lambung kapal di bawah garis air dari kotoran, seperti : sisa – sisa cat yang masih menempel, karat pada pelat, hewan – hewan laut, tumbuhan – tumbuhan laut, dan juga tingkat salinitas / kadar garam yang masih terkandung dalam material pelat bagian lambung. Tingkat kadar garam yang tinggi akan mempengaruhi daya rekat pada hasil coating (pelapisan). Untuk mendapatkan data dari tingkat kadar garam yang masih terkandung dalam pelat dilakukan metode salt test dan dilakukan metode pull off test untuk mendapatkan kekuatan daya rekat pada hasil coating (pelapisan). Dari pengukuran dan perhitungan yang telah dilakukan, didapatkan hasil tingkat kadar garam yang terkandung dalam pelat lambung kapal sebesar 60mg/cm 2 , masih sesuai dengan standart yaitu 80 mg/cm 2 . Sedangkan hasil kekuatan daya rekat dari coating (pelapisan) sebesar 11,25 %. Berdasarkan data yang telah diperoleh maka tingkat kadar garam pada lambung kapal mempengaruhi daya rekat pada hasil coating (pelapisan) pada lambung kapal MT.BORNEO MERATUS. Dengan meminimalisir tingkat kadar garam sekecil mungkin akan mendapatkan kekuatan daya rekat yang maksimal. Kata kunci : pembersihan, pelat lambung, salinitas, kekuatan cat. ABSTRACT In every process of repainting on ship repair there is always a cleaning process in the hull below the water line of dirt, such as: the remnants of paint are still attached, rust on the plate, sea animals, sea plants, and also salinity / the salt content still contained in the gastric plate material. High levels of salt will affect the adhesiveness of coatings. To obtain data from the level of salt that is still contained in the plate is used salt test method and conducted pull off test method to get the power of adhesion on the coating result. From the measurements and calculations that have been done, obtained the level of salt content contained in the hull plate of 60 mg / cm2, still in accordance with the standard is 80 mg / cm2. While the strength of adhesive power of coating of 11.25%. Based on that the data record, the level of salt on the hull affect the adhesiveness of the coating results on the hull of MT.BORNEO MERATUS ship. By minimizing the level of salinity as small as possible will get the maximum power of adhesion. Keywords : cleaning, hull plate, salinity, paint strenght.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2018 02:43
Last Modified: 25 Sep 2018 02:43
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1163

Actions (login required)

View Item View Item