STUDI MODIFIKASI PENAMBAHAN PANJANG KAPAL KM. KHATULISTIWA DELAPAN DI TINJAU DARI SEGI KONSTRUKSI

Muhammad, Roim (2015) STUDI MODIFIKASI PENAMBAHAN PANJANG KAPAL KM. KHATULISTIWA DELAPAN DI TINJAU DARI SEGI KONSTRUKSI. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK KM. Khatulistiwa delapan merupakan kapal yang beroperasi dengan radius pelayaran Surabaya – kalimantan. Kapal yang berfungsi sebagai kapal pengangkut barang, dengan semakin ramainya perdagangan pada rute pelayaran yang dilalui oleh kapal tersebut maka pemilik kapal tersebut menginginkan agar kapalnya bisa mengangkut muatan lebih besar dari sebelumnya. Sehingga pihak owner memiliki kebijakan untuk menambah panjang kapal sebesar 11 m. Penambahan panjang kapal tersebut direncanakan pada ruang muat tepatnya antara frame 60 – frame 61. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk memberikan gambaran pemilik kapal mengenai pengaruh penambahan panjang kapal tersebut antara lain berpengaruh terhadap perhitungan konstruksi, muatan kapal,kekuatan dari kapal,perubahan sarat kapal tersebut dilakukan dengan bebagai perhitungan mulai dari: pengecekan daerah pelayaran, pengecekan modulus penampang konstruksi, perhitungan modulus secara rill sebelum diperpanjang, pengecekan konstruksi sesuai rule BKI Dari hasil perhitungan konstruksi yang dilakukan, perhitungan modulus penampang bottom (Wbottom) yaitu 1898888,81cm 3 dan modulus penampang deck (Wdeck) yaitu 1547250,56 cm 3 dikarenakan modulus penampang lebih besar dari pada modulus minimum yang disyaratkan yaitu Wmin 468113,81 cm 3 sehingga kekuatan kapal telah dianggap memenuhi persyaratan BKI. Dan perhitungan modulus penampang profil juga terpenuhi yaitu lebih besar dari pada perhitungan rill sehingga modulus penampang profil memenuhi rule biro klasifikasi indonesia. Kata kunci: perhitungan modulus penampang ,Perhitungan konstruksi, BKI. Mv khatulistiwa delapan is a ship that operate in range of service about Surabaya – Kalmantan. Ships that have the function as a cargo handler, as grows up of trading on the route of service that passed by this ship, the owner of the ship want their ship become a ship that able to handling more bigger capacity of cargo than the earlier time. In order to apply that , the owner of the ship decided to extending the length of the ship in about 11 m. Extending the length of the ship is applied on cargo hold exactly between frame 60 and frame 61. Making this thesis have a target to give the information for the owner of the ship about the effect of extending the length of the ship for the examples are effect in construction calculation , the amount of cargo that can be handled, strength of the ship, the change of ship draft that are done in several calculation as range of service checking, section modulus construction checking, calculating the modulus in real condition before extended, and checking the construction according to BKI rules. From the result of calculating the construction that done, the calculating of bottom section modulus (Wbottom) as the result is 189888,81 cm 3 and deck section modulus (Wdeck) as the result is 1547250,56 cm 3 .Because the section modulus is bigger than the minimum modulus that is Wmin 468113,81 cm 3 as the result the strength of the ship is approved the term of BKI. And the profil section modulus is approved too that is bigger than the real calculation, as the final result, profile section modulus is approved by the rule of BKI. Keyword : section modulus calculation, Construction calculation, BKI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2018 03:15
Last Modified: 27 Aug 2018 03:15
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/114

Actions (login required)

View Item View Item