ANALISA PERBANDINGAN BIAYA PEMBANGUNAN KAPAL KAYU 30 GT DAN KAPAL FRP 30 GT

Desi Yanti, Mandasari (2015) ANALISA PERBANDINGAN BIAYA PEMBANGUNAN KAPAL KAYU 30 GT DAN KAPAL FRP 30 GT. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pada saat ini PT F1 PERKASA sedang menyelesaikan proyek pembangunan kapal kayu dan kapal fiberglass dari hampir semua wilayah dinas perikanan daerah di seluruh Indonesia yang mana semua kapal yang dibangun semuanya merupakan kapal class. Kapal perikanan berbahan dasar kayu dan fiberglass memiliki karakteristik yang berbeda. Salah satunya adalah biaya produksi kedua jenis kapal tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan memberikan informasi tentang gambaran biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan kapal kayu dan kapal fiberglass. Dengan membandingkan kedua segi biaya kapal tersebut dapat diketahui sejauh mana perbedaan biaya pembangunan pada kapal Bali kayu 30 GT dan kapal fiberglass 30 GT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya kebutuhan material kapal kayu 30 Gt sebesar Rp. 327.466.746 dan biaya jasa sebesar Rp 102.408.000 . Sehingga biaya pembangunan lambung kapal kayu sebesar Rp 429.874.746 dengan membutuhkan waktu selama 46 hari. Sedangkan biaya kebutuhan material FRP 30 GT sebesar Rp 352.533.288 dan biaya jasa sebesar Rp 34.053.600 dengan membutuhkan waktu selama 17 hari. Sehingga biaya pembangunan lambung kapal FRP 30 GT sebesar Rp 386.586.888. Kata Kunci : biaya pembangunan, kapal kayu, kapal fiberglass ABSTRACT At this time PT F1 PERKASA is completing the construction of timber ships project and fiberglass boats, all regional fisheries offices throughout Indonesia in which all the boats are built which are class ships. Fishing boats made by wood and fiberglass have different characteristics. One of that is the cost of production of both types of vessels. This research for providing information about calculation of the costs that involved in the manufacture of wooden boats and fiberglass boats. Comparing of the two ship cost, we can be seen the extent to which differences in the cost of construction of the 30 GT wooden oats and fiberglass boat 30 GT. The results showed that the cost of material needs Rp. 327 466 746 for the 30 GT wooden boats and the cost of services Rp. 102.408.000. So the cost of construction wooden hull needs Rp 429 874 746 to take as long as 46 days. While the cost of 30 GT FRP ships material needs Rp 352 533 288 and the cost of services Rp. 34.053.600 to take over 17 days. So the cost of construction of the 30 GT hull FRP needs Rp 386 586 888. Keywords: cost of construction, wooden ships, fiberglas boats.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2018 03:05
Last Modified: 27 Aug 2018 03:05
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/113

Actions (login required)

View Item View Item