ANALISIS HUMAN ERROR MENGGUNAKAN METODE TAFEI DAN SHERPA PADA PENGOPERASIAN TURBIN GAS BLOK 2 PASCA OVERHAULDI PT. X

ALVIANTO, FAIZAL NUR (2017) ANALISIS HUMAN ERROR MENGGUNAKAN METODE TAFEI DAN SHERPA PADA PENGOPERASIAN TURBIN GAS BLOK 2 PASCA OVERHAULDI PT. X. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Data laporan kecelakaan kerja di PT. X pada tahun 2012-2016 menunjukkan terdapat 5 kecelakaan kerja, 4 kecelakaan terjadi di area turbin gas blok 2 disebabkan karena human error. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian terhadap kemungkinan terjadinya human error pada saat pengoperasian turbin gas. Penelitian ini menggunakan metode dari Human Reliability Analysis (HRA) yaitu Task Analysis For Error Identification (TAFEI) dan Systematic Error Reduction and Prediction Approach (SHERPA) untuk mengetahui human error pada pengoperasian turbin gas. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan error menurut Metode TAFEI sebanyak 42 langkah. Sedangkan menurut metode SHERPA didapatkan 39 error. Dari 39 error dikelompokkan kedalam error mode yaitu 2 error mode S2 yang tergolong pada kriteria selection error, 21 error mode C1 yang tergolong pada kriteria Checking Error, 7 error mode A7 yang tergolong pada kriteria Action Error, 8 error mode A8 yang tergolong pada kriteria Action Error, dan 5 error mode R1 yang tergolong pada kriteria Retrieval Error. Selain itu dari ke 39 error tersebut terdapat 17 error yang berlabel kritis. Kemudian di lakukan analisis dengan menggunakan AHP dan didapatkan urutan prioritas rekomendasi. ‘Pemberian safety briefing sebelum dilakukannya pekerjaan’ (0,38), ‘Pemberian sistem interlock pada area pembangkit’ (0,21), ‘Pemberian Safety Sign’ (0,18), ‘Pemantauan dari pihak HSE’ (0,12) dan ‘Pemberian training setiap 2 Tahun Sekali’ (0,11) . Kata kunci : Human Reliability Analysis (HRA), Task Analysis For Error Identification (TAFEI), Systematic Error Reduction and Prediction Approach (SHERPA), AHP ABSTRACT Based on the recapitulation of accident data in PT. X years of 2012-2016, there are 5 th times accident,4 th accidents occurred in gas turbine area block 2 nd caused by human error. Therefore it is necessary to do an analysis research on the possibility of human error in the operation of gas turbine block 2 nd . This study uses the methods of Human Reliability Analysis (HRA) wich is Task Analysis For Error Identification (TAFEI) and Systematic Error Reduction and Prediction Approach (SHERPA) to determine human error action on gas turbine operation. Based on the result of research got error according TAFEI metode counted 42 step. Meanwhile, according SHERPA method got 39 error. Of the 39 errors are grouped into error mode, that is 2 error mode S2 which belong to the selection error criteria, 21 error mode C1 which belongs to the Checking Error criteria, 7 error mode A7 belonging to the Action Errorcriteria, 8 error mode A8 which belong to the Action Error criteria, and 5 error modes R1 belonging to the Retrieval Error criteria. In addition of the 39 errors, there are 17 errors labeled critical or can cause unacceptable losses. Furthermore, the analysis using the AHP method obtained a recommendation for 'Giving safety sign' and 'giving safety briefing' has the same perioritas value that is 0.355 and than second priority 'monitoring from the HSE' is 0.1338. Keywords: Human Reliability Analysis (HRA), Task Analysis For Error Identification (TAFEI), Systematic Error Reduction and Prediction Approach (SHERPA), AHP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: ?? tkdkk ??
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2018 05:10
Last Modified: 21 Sep 2018 05:10
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item View Item