Rifki, Fajar (2015) ANALISA STABILITAS KAPAL SHUTTLE BOAT JAL 1028 VALMET KAPASITAS 21 ORANG. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kapal shuttle boat adalah merupakan salah satu jenis kapal penumpang berukuran kecil dan hanya bisa menampung beberapa orang saja dan merupakan boat dengan kecepatan tinggi. Kapal shuttle boat banyak digunakan untuk penyebrangan jarak pendek dan untuk penyebrangan pulau- pulau kecil karena tidak harus memerlukan dermaga kapal untuk sandar. Proses analisa stabilitas kapal dibagi dalam enam kondisi untuk mengetahui apakah kapal ini memenuhi standar IMO (International Maritim Organization) untuk beroperasi. Untuk pembangunan kapal shuttle boat JAL 1028 valmet ini menggunakan bahan Alumunium type Al 5083, bahan alumunium lebih tahan korosi dibandingkan dengan baja. Pada analisa stabilitias kapal ini masih ada 1 kondisi kapal yang belum memenuhi kriteria IMO, yaitu loadcase 2 pada kriteria chapter 3.1.2.1 area 0 to 30 nilainya 0,055 m.rad dan di dapat hasil secara aktualnya 0,034 m.rad dengan status fail(tidak memenuhi) dan dengan margin -38,11%. dan area 0 to 40 nilainya 0,09 m.rad dan di dapat hasil secara aktualnya 0,0697 m.rad dengan status fail(tidak memenuhi) dan dengan margin -22,51%.. Dengan demikian desain rencana umum kapal sangat berpengaruh pada stabilitasnya. Kata Kunci : Shuttle Boat, Stabilitas, Alumunium ABSTRACT Ship shuttle boat is one of the types of passenger vessels are small and can only accommodate a few people and a boat at high speed. Ship shuttle boat crossing is widely used for short distances and for crossing small islands because it does not have to require a boat dock to dock. The process of analyzing the stability of the vessel is divided into six conditions to determine whether the vessel meets the standard of IMO (International Maritime Organization) to operate. For the construction of the ship shuttle boat Valmet 1028 JAL uses aluminum material type Al 5083, more corrosion resistant aluminum compared to steel. In the analysis of this vessel stabilitias there is still one condition of the ship who do not meet the criteria of IMO, which loadcase 2 on the criteria of chapter 3.1.2.1 area 0 to 30 value 0.055 m.rad and may result in actual 0,034 m.rad with fail status (not meet ) and with a margin of -38.11%. and area 0 to 40 value 0.09 m.rad and may result in actual 0.0697 m.rad with fail status (not meet) and with a margin of -22.51% .. Thus the design of the ship is very influential general plan on stability. Keywords: Shuttle Boat, Stability, aluminum
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 02:52 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 02:52 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/109 |
Actions (login required)
View Item |