IDENTIFIKASI BAHAYA PADA PEKERJAAN MAINTENANCE KAPAL MENGGUNAKAN METODE HIRARC DAN FTA DENGAN PENDEKATAN FUZZY DI INDUSTRI KAPAL

KURNIAWAN, ANDRI (2017) IDENTIFIKASI BAHAYA PADA PEKERJAAN MAINTENANCE KAPAL MENGGUNAKAN METODE HIRARC DAN FTA DENGAN PENDEKATAN FUZZY DI INDUSTRI KAPAL. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Industri kapal merupakan salah satu perusahaan di indonesia yang bergerak dalam pekerjaan maintenance kapal. Sebagai salah satu perusahaan yang mempunyai kewajiban untuk menerapkan Sistem Management K3 (SMK3) dan melakukan risk assessment terhadap setiap tahap pekerjaannya. Pada pekerjaan maintenance kapal terdapat berbagai macam penyebab terjadinya kecelakaan, tercatat pada 2 tahun terakhir ini telah terjadi kecelakaan lebih dari 20 kali, mulai kecelakaan ringan sampai yang berat. Oleh karena itu penulis akan mengidentifikasi bahaya dengan menggunakan metode HIRARC. Pada penilaian risk ranking dilakukan perbandingan antara hasil risk ranking dari HIRARC dengan pendekatan fuzzy berdasarkan rule base pada peraturan AS/NZS 4360:2004. Pada level risiko high dan very high akan dilakukan identifikasi menggunakan metode FTA untuk menemukan penyebab dasar terjadinya kecelakaan, sehingga dapat melakukan suatu tindakan pencegahan terhadap kecelakaan. Dari hasil penelitian menggunakan metode HIRARC ditemukan 1 tingkat risiko very high, 7 tingkat risiko high, 20 tingkat risiko medium dan 10 tingkat risiko low, sedangkan hasil dari pendekatan fuzzy ditemukan 5 tingkat risiko very high, 4 tingkat risiko high, dan 29 tingkat risiko medium. Untuk pemberian solusi terhadap tingkat bahaya high dan very high dengan cara memberikan pelatihan terhadap pekerja dan memastikan kondisi sekitar aman untuk melakukan pekerjaan maintenance kapal. Kata kunci : HIRARC (Hazard Identification, Risk Analysis and Risk Control), Fuzzy, FTA (Fault Tree Analysis), AS/NZS 4360 : 2004, dan Pekerjaan Maintenance Kapal. ABSTRACT Ship’s company is one company in indonesia engaged in ship maintenance work. As one of the companies that have an obligation to implement the OSH Management System (SMK3) and doing risk assessment on each stage of its work. in the last 2 years it has been an accident more than 20 times, from mild to severe accidents. Therefore authors will identify hazards by using the HIRARC method. On the assessment of risk ranking of HIRARC with fuzzy approaches based on rule base on the rules AS / NZS 4360: 2004. On the level of risk is high and very high will be identification by the FTA method to determine the cause of the base of the accident, so it can do a precautions against accidents. From the results of research using the method of HIRARC is found 1 very high risk level, 7 high risk levels, 20 levels of medium risk and 10 levels low risk, whereas the result of fuzzy approach found 5 very high risk levels,4 high risk levels, and 29 medium risk levels. For the giving of a solution to the level of danger of high and very high by means of providing training against workers and ensure the conditions surrounding the safe to do the work of ship maintenance Keyword : HIRARC (Hazard Identification, Risk Analysis and Risk Control), Fuzzy, FTA (Fault Tree Analysis), AS/NZS 4360 : 2004, and The Ship Maintenance Work.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: ?? tkdkk ??
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2018 02:07
Last Modified: 21 Sep 2018 02:07
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1059

Actions (login required)

View Item View Item