Habbiburrahman, Muhammad Hamzah (2017) PERANCANGAN TIRE BLAST COVER SEBAGAI ALAT PENGAMAN BAGI PEKERJA DALAM PROSES PENGISIAN BAN ANGIN HEAD TRUCK (Studi Kasus : KEGIATAN PERAWATAN DAN PENGGANTIAN BAN PERUSAHAAN JASA PERBAIKAN DAN OPERATOR ALAT BERAT). Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Bermula dari accident report dari perusahaan jasa perbaikan dan operator alat berat, pernah terjadi ledakan dari ban angin headtruck pada kegiatan perawatan dan penggantian ban angin headtruck yang menyebabkan timbulnya korban jiwa dan tuntutan perbaikan HIRA. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha melakukan perancangan sebuah desain alat yang mampu menahan dari ledakan ban angin head truck untuk mengurangi tinggi resiko kecelakaan kerja yang ditimbulkan akibat ledakan ban. Tujuan penelitian ini adalah membuat perancangan desain tire blast cover yang mampu menahan tekanan ledakan dan efek serta dampak yang ditimbulkan dengan melakukan uji simulasi numerik. Uji simulasi numerik ini akan diawali dengan mencari data material lalu merancang desain diantaranya tire blast dengan ketebalan lapisan 2.54 mm dan 5.08 mm kemudian mendapatkan data efek dan dampak ledakan dari hasil wawancara untuk menentukan apa saja yang diperlukan dalam perancangan dan simulasi. Simulasi dilakukan dua jenis yaitu simulasi pada lapisan pelindung dan keseluruhan desain keseluruhan tire blast cover. Kemudian setelah dilakukan simulasi untuk mendapatkan data equivalent stress untuk kemudian dilakukan perbandingan dan perhitungan dengan teori kegagalan material von mises. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan hasil simulasi dan pendekatan teori von mises bahwa desain tire blast cover dengan ketebalan lapisan 5.08 mm yang dikatakan aman dan mampu menahan dari ledakan ban angin head truck. Kata kunci : Hazard Identification and risk analysis, simulasi numeric, teori von mises. ABSTRACT Begins from any accident report from service companies of heavy duty maintenance and operator , there has been an blasting of a head truck tire on the maintenance and replacement activities of head truck tire that causing casualties and HIRA improvement demands. Therefore, this research effectuat e to design a tool that can withstand the blasting of head truck tire to reduce the high risk of work injury caused by tire blasting. The purpose this research is to make design of tire blast cover design that able to withstand the pressure of blasting and the effect and impact caused by doing numerical simulation test. This numerical simulation test will be started by looking for material data and then map out a design including tire blast with layer thickness of 2.54 mm and 5.08 mm then get the effect dat a and blast impact from the interview to determine what is needed in design and simulation. Simulation is done by two types that is simulation in protective layer and overall design of tire blast cover. Subsequently after the simulation to get the data equivalent stress and then compared and calculation with the theory of material failure von mises. The result of this research is based on simulation result and approach of von mises theory that the tire blast cover design with layer thickness 5.08 mm which is said safe and able to withstand from explosion of head truck tire. Key words : Hazard Identification and risk analysis, numerical simulation , von mises theory ,
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 01:47 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 01:47 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1053 |
Actions (login required)
View Item |