PERANCANGAN PROTOTIPE SISTEM MONITORING SUHU BEARING RODA KERETA API BERBASIS ARDUINO

Azhari, Bisri (2017) PERANCANGAN PROTOTIPE SISTEM MONITORING SUHU BEARING RODA KERETA API BERBASIS ARDUINO. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK PT. INKA (PT. Industri Kereta Api) merupakan BUMN yang bergerak dibidang industri sarana kereta api yang melayani pembuatan kereta untuk dalam maupun luar negeri. Dalam pengoperasian kereta api di Indonesia setiap tahun banyak terjadi kecelakaan kereta api, salah satunya anjloknya kereta dari rel yang disebabkan patahnya as roda dikerenakan bearing kereta api mengalami peningkatan temperature (over heat). Dalam mengatasi masalah ini, selama ini PT. KAI menggunakan stiker sensor temperature di bagian penutup bearing as roda dan termometer inframerah yang ditembakkan ke bearing roda satu persatu sehingga kurang efisien dan waktu pemberhentian kereta lebih lama. Dalam Tugas Akhir ini dirancang suatu alat “ PERANCANGAN PROTOTIPE SISTEM MONITORING SUHU BEARING RODA KERETA API BERBASIS ARDUINO ” sehingga suhu bearing setiap kereta yang beroperasi akan dipantau menggunakan sensor suhu IR MLX90614 yang akan diproses oleh Arduino yang ada di gerbong, data output dari Arduino akan ditransfer ke Arduino yang ada di masinis via modul nRF24L01 dan ditampilan dalam LCD serta dilengkapi dengan LED dan buzzer sehingga data suhu bearing setiap gerbong yang beroperasi dapat dipantau oleh masinis. Alat ini memerlukan dua buah Arduino setiap gerbongnya, satu buah di gerbong dan satu buah di masinis. Hasil pengujian IR MLX90614 dengan pembanding termometer inframerah dan termometer stiker memiliki rata – rata error yang berbeda. Dari 3 kali pengujian dengan perbandingan termometer inframerah dan IR MLX90614 diperoleh rata – rata error 4.04 % ketika berputar dan 4.32 % ketika diam, sedangkan dengan perbandingan termometer stiker dan IR MLX90614 diperoleh rata – rata error 14.57 % ketika berputar dan 10.76 % ketika diam. Rata – rata error yang diperoleh dari termometer stiker lebih besar dib andingkan dari termometer inframerah dikarenakan termometer stiker kontak langsung dengan media yang disensor. Kata Kunci: Arduino , Bearing, IR MLX90614, Kereta Api, Modul nRF24L01 ABSTRACT PT. INKA (PT Kereta Api) is a state-owned company engaged in the railway industry that serves the manufacture of trains for domestic and foreign. In the operation of the train in Indonesia every year many train accidents, one drop rail from the rail due to broken axle bea rings train dikerenakan increased temperature (over heat). In solving this problem so far PT. KAI using temperature sensor sticker on the cover of the axle bearing temperature and infrared thermometer one by one so that the wheel bearing is less efficient and longer time the train stops. In this final project designed a tool " DESIGN PROTOTYPE OF MONITORING SYSTEM OF TRANSFER TIME BEARING ARDUINO - BASED " so that the temperature of bearing any trains that operate will be monitored using a temperature sensor IR MLX90614 will be processed by the Arduino in the hopper, the data output from the Arduino will be transferred to Arduino is in the driver via nRF24L01 module and is displayed in the LCD and is equipped with LED and buzzer so that each carriage bearing temperature data can be monitored machinist operating. This tool requires two Arduino each carriage, one car and one in machinist. The results of the ML X90614 IR test with the infrared thermometer comparator and the sticker thermometer have an average of different errors. From 3 times the test with the ratio of infrared thermometer and IR MLX90614 obtained an average error of 4.04% when rotating and 4.32% when silent, whereas with comparison of sticker thermometer and IR MLX90614 obtained mean error 14.57% when spinning and 10.76% when silent. The average error obtained from the sticker thermometer is greater than that of the infrared thermometer because the sticker thermometer is in direct contact with the censored media. Keywords: Arduino, Bearing, IR MLX90614, Modul NRF24L01, Railway

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > D3 Teknik Kelistrikan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2018 05:55
Last Modified: 20 Sep 2018 05:55
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1033

Actions (login required)

View Item View Item