Redesain Lambung Axe Bow pada Passenger Boat

Asa, Kakilangi Redesain Lambung Axe Bow pada Passenger Boat. [Tugas Akhir]

[img] Text
0116030024 - Asa Kakilangi - Redesign Lambung Axe Bow Pada Passenger Boat.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan kapal high speed craft berjenis lambung tunggal (monohull) telah banyak peminatnya di kalangan masyarakat Indonesia. Kapal tersebut digunakan sebagai sarana transportasi laut. Dalam penggunaanya kapal tersebut beroperasi sekitar 5000-6000 jam. Pada tahap awal perancangan, untuk mendapatkan desain kapal yang optimum perlu dilakukan analisa dan kajian ulang untuk menentukan parameter utama dari kapal.. Dalam penelitian kali ini menggunakan tipe passenger boat dengan panjang 14 meter, lebar 3,15 meter, tinggi 1,4 meter dan sarat 0,55 meter dengan bentuk lambung monohull. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan antara tahanan dan power boat setelah dimodifikasi bentuk lambung. Penelitian ini menggunakan software maxsurf modeller dan maxsurf resistance. Dari hasil analisa didapatkan hambatan lambung asli dan axe bow memiliki selisih dengan nilai 1,0 kN dan selisih kecepatan dengan nilai 140,685 HP

Item Type: Tugas Akhir
Additional Information: No. Inventaris : 4839/D3DC-16/2019 _ Lokasi TA : 483
Uncontrolled Keywords: high speed craft, axe bow, tahanan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2019 06:59
Last Modified: 26 Nov 2019 06:59
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2343

Actions (login required)

View Item View Item