otomatisasi mooring system pada vertical Capstan saat kapal sandar di pelabuhan tanjung perak menggunakan metode PID

The Automation Mooring System on Vertical Capstan of Docking Ship In Tanjung Perak Harbour Using PID Method

Ivan Gunawan (6911040031)


Abstrak

Tali tambat digunakan untuk menambatkan kapal di pelabuhan sehingga posisi kapal tidak berubah dan juga untuk menghindari benturan antara lambung kapal dengan dermaga. Perubahan posisi kapal disebabkan oleh pasang surut air laut dan jumlah muatan kapal. Pada saat ini kapal bersandar menggunakan tali tambat yang statis jadi pada saat air laut pasang atau surut ABK kapal harus merenggangkan atau mengencangkan tali tambat secara manual. Permasalahan tersebut maka dapat dibuat suatu alat pengatur tali tambat otomatis yang dapat mengikuti perubahan karena pasang surut air laut atau jumlah muatan kapal. Alat ini dibuat dengan menggunakan mikrokontroler dilengkapi sensor ultrasonik sebagai pengukur jarak antra lambung kapal dengan dermaga, pendeteksi pasang surut air laut, dan pendeteksi jumlah muatan kapal. Motor servo sebagai vertical capstan, buzzer sebagai alarm, dan LCD 2x16 sebagai monitoring. Metode PID digunakan untuk mengatur vertical capstan. Dari hasil penelitian alat ini dapat mengontrol vertical capstan dengan dibantu mikrokontroler yang dilengkapi sensor ultrasonik, buzzer, dan LCD 2x6.Pengujian vertical capstan berjalan dengan baik dengan tingkat error 0%. Pengujian sensor ultrasonik dapat berjalan dengan cukup baik dengan tingkat keberhasilan mencapai 98%. Sistem tanpa menggunkan metode PID mempunyai error 50% sedangkan sistem yang dilengkapi oleh metode PID mempunyai error 5%. Kata kunci : Mooring system, tali tambat, pelabuhan, dan pasang surut air laut


Abstract

Mooring ropes used to moor boats in the harbor that the ship's position has not changed, and also to avoid a collision between the ship's hull at the dock. The ship's position changes caused by the tide and amount of cargo ships. At this time the ship leaned use static mooring lines so during high tide or low tide boat crew had to loosen or tighten the mooring lines manually. The problems it can be made a regulating device mooring lines can automatically follow changes due to tide or the amount of cargo ships. This tool is made by using a microcontroller equipped with distance measuring ultrasonic sensors as well as between the hull at the dock, sensing the tide, and detecting the amount of cargo. As vertical Capstan servo motor, a buzzer alarm and a 2x16 LCD monitoring. PID method used to adjust the vertical Capstan. From the results of this tool can control the vertical Capstan assisted by a microcontroller equipped with ultrasonic sensors, buzzer and LCD 2x6.Pengujian vertical Capstan goes well with an error rate of 0%. Testing ultrasonic sensors can work quite well with a success rate reached 98%. System without using the PID method has an error of 50% while the system is complemented by a PID method has a 5% error. Keywords : Mooring systems, mooring lines, ports, and tide


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Isa Rachman
Dosen Pembimbing 2 : Hariyanto Soeroso

Program Studi : D4 - TEKNIK OTOMASI
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.