PROTOTYPE KONTROL TRAFFIC LIGHT UNTUK KEPENTINGAN EMERGENCY DISERTAI INFORMASI KEPADATAN LALU LINTAS

PROTOTYPE TRAFFIC LIGHT CONTROL FOR EMERGENCY SITUATION WITH TRAFFIC CONGESTION INFORMATION

Akhmad Rifqi Aminudin (6910040040)


Abstrak

PROTOTYPE KONTROL TRAFFIC LIGHT UNTUK KEPENTINGAN EMERGENCY DISERTAI INFORMASI KEPADATAN LALU LINTAS Nama : AkhmadRifqiAminudin(6910040040) Pembimbing : 1.Mohammad Basuki R,ST.,MT. 2.Rona Riantini, ST.,M.Sc. ABSTRAK Semakin meningkatnya volume kendaraan tidak diimbangi dengan kondisi jalan yang memadai, akan menimbulkan kemacetan. Olehkarenaitu, pemerintah perlumembuat system untuk mengatur volume kendaraan di jalanraya. Pada saat ini system pengaturan lalulintas yang diterapkan masih belum dapat memberi informasi kemacetan yang terjadi. Selain itu, system juga tidak mamp umemberi solusi untuk mobil ambulan dengan membuka jalur bebas hambata nmenuju rumahsakit. Pada Tugas Akhir ini penulis mencoba memecahkan masalah dengan menerapkan sistem control lampu lalulintas pendeteksi mobil ambulan yang dilengkapi dengan RFID. Sistem minimum ATmega 16 berfungsi sebagai central processing unit yang mengolah data dari RFID reader kemudian otomatis mengontrol lampu lalu lintas. Sistem ini jug adilengkapi dengan informas ikemacetan lalulintas yang saling terhubung dengan modul XBee yang ada di persimpangan lalulintas berikutnya. Modul XBee mengirimkan data kemacetan kemudian ditampilkan ke LCD. Sehingga melalui sistem ini ambulan dapat teru smelaju tanpa hambatan lampu lalulintas. Hasil dari Tugas Akhir ini menunjukkan bahwa pembacaan serial RFID ke mikrokontroler didapatkan delay 9,77 detik. waktu lampu hijau menyala saat terdeteksi RFID didapatkan selisih 10 detik. Pengiriman data kemacetan menggunakan XBee dengan jarak maksimal sensor 1.5 KM membutuhkan waktu rata-rata 11, 91 detik. Kata kunci :kontrollampulalulintas, RFID, wireless


Abstract

PROTOTYPE TRAFFIC LIGHT CONTROL FOR EMERGENCY SITUATION WITH TRAFFIC CONGESTION INFORMATION Name : AkhmadRifqiAminudin(6910040040) Adviser : 1.Mohammad Basuki R,ST.,MT. 2.Rona Riantini, ST.,M.Sc. ABSTRACT The increasing volume of vehicles is not matched with adequate road conditions, will cause congestion. Therefore, the government needs to membuah system to adjust the volume of vehicles on the highway. At this time traffic control system implemented is still not able to give information that congestion occurs. In addition, the system is also unable to provide a solution to an ambulance by opening the highway towards the hospital. In this final project tries to solve the problem by implementing a traffic light control system detection ambulances are equipped with RFID chips and modules. Minimum system ATmega 16 serves as a central processing unit which processes the data from the RFID reader then automatically control the traffic lights. The system is also equipped with traffic congestion information interconnected with existing XBee module at the next traffic intersection. XBee module sends data congestion is then displayed to the LCD. Thus, with this system drove the ambulance can continue unimpeded traffic lights. Final results of this showed that the reading of RFID serial microcontroller to obtain a delay of 9.77 seconds. a green light is on when the detected RFID difference obtained 10 seconds. Data transmission congestion using XBee sensor with a maximum distance of 1.5 KM takes an average of 11, 91 seconds. Keywords: Traffic Light Control, RFID, wireless


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Mohammad Basuki Rahmat
Dosen Pembimbing 2 : Rona Riantini

Program Studi : D4 - TEKNIK OTOMASI
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.