Pengendalian Standby L.O pump and Standby Saea water Pump Pada mesin Diesel Berbasis PLC Dengan Metode PID

THE CONTROL OF STANDBY L.O PUMP AND STANDBY SEA WATER PUMP IN THE DIESEL MACHINE BASED ON PLC USING PID METHOD

Fajar Indra Febrianto (6910040020)


Abstrak

ABSTRAK Lubricating oil system merupakan suatu system yang berfungsi untuk melumasi bagian ? bagian mesin untuk menghindari gesekan antara bagian ? bagian mesin dan mencegah korosi. Dalam menjalankan lubricating oil system diperlukan dua buah pompa dimana satu pompa dalam keadaan menyala dan pompa yang lain dalam keadaan standby. Ada sebuah system yang berhubungan dengan lubricating oil yaitu cooling system yang bertujuan untuk mendinginkan mesin agar mesin tidak cepat panas yang bisa menyebabkan mesin gagal beroperasi. Apabila tekanan dan suhu yang terdapat dalam system tersebut tidak sesuai dengan setpoint, maka operator harus mengaktifkan pompa secara manual dimana operator harus naik turun tangga yang cukup memakan waktu. Oleh sebab itu, dirancang suatu kontrol otomatis lubricating oil system. Pada prinsipnya, motor akan bekerja secara otomatis dan differensial yang dikombinasikan menggunakan sensor pressure untuk dapat menjaga kestabilan tekanan oli. Pada cooling System sensor suhu difungsikan untuk menjaga suhu oli. Untuk pengendaliannya digunakan sebuah PLC omron dalam mengolah data dari sensor untuk dijadikan action oleh output. Data yang diterima oleh sensor akan ditampilkan di komputer dengan tampilan visual basic . Hasil dari penelitian sebuah? Pengendalian Standby L.O pump and Sea Water pump pada mesin Diesel Berbasis PLC Dengan Metode PID? adalah sistem kontrol pada Lubricating Oil dan Cooling System yang dapat membantu dalam penjagaan tekanan dan suhu pada mesin diesel selain itu juga bisa bermanfaat bagi dunia industri. Dalam penjagaan tekanan menggunakan metode PID didapatkan nilai Ki = 200, Kp = 1500, Kd=0. Kata kunci: Lubricating oil System, Cooling system,PLC omron, Metode PID, Visual basic


Abstract

ABSTRACT Lubricating oil system is a system that purpose to lubricate the engine parts to avoid engine parts friction and prevent corrosion. Operate of lubricating oil system required two pumps, where one of the pump turn-on and the other pump on stand-by condition. There is a system that relates to the Lubricating Oil Cooling System that aims to cool the engine so that the engine does not heat up quickly which can cause the engine to fail to operate. If the pressure and temperature are contained in the system is not in accordance with the setpoint, then the operator must manually activate the pump where the operator must go up and down stairs is quite time consuming. Therefore designed an automatic control Lubricating Oil System.. In principle, the motor will working automatically and differential, which combine using pressure sensor to maintain stability of oil pressure. Temperature sensor on cooling system functioned to maintain the oil temperature. For controlling, that used omron PLC to process sensor data become action by output. Data that received by the sensor will appear in computer with visual basic display. Result of research " of the control standby L.O pump and sea water pump on diesel engine based of PLC using PID method" is a control system in Lubricating Oil and Cooling System that can assist in the maintenance of pressure and temperature on diesel engines, also have benefit for the industrial. The pressure maintain using PID method resulted value Ki = 200, Kp = 1500, Kd=0.. Keywords: Lubricating oil system, Cooling system, PLC omron, PID method, Visual basic


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Boedi Herijono
Dosen Pembimbing 2 : Purwidi Asri

Program Studi : D4 - TEKNIK OTOMASI
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.