PERANCANGAN PIPELINE DARI DPPU KE TERMINAL 3 BANDARA SOEKARNO-HATTA, JAKARTA

DESIGN OF PIPELINE FROM DPPU TO TERMINAL 3 SOEKARNO-HATTA AIRPORT, JAKARTA

Prasetyo Budi Utomo (6812040032)


Abstrak

Pada tugas akhir ini dilakukan perancangan pipeline dari DPPU ke terminal 3 bandara soekarno-hatta, Jakarta. Perancangan ini perlu dilakukan karena adanya project perluasan terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang akan digunakan sebagai terminal pesawat internasional, dimana dalam perluasan tersebut dilakukan pemasangan pipa fuel hydrant system yang akan digunakan untuk menyuplai bahan bakar pesawat (avtur) di terminal 3 bandara Soekarno-Hatta yang diharapkan mampu beroperasi standby selama 24 jam. Dari kondisi tersebut diperlukan perancangan pipeline yang baik dan sesuai standard agar hasil rancangan dapat diaplikasikan dan beroperasi secara optimal. Pada penelitian ini memfokuskan pada perancangan pipeline yang baik dan memenuhi kriteria dari ASME B31.4 (pipeline transportation system for liquid hydrocarbon and other liquids). Dalam pengerjaan tugas akhir ini, dilakukan analisa tegangan yang akan di bandingkan dengan krteria penerimaan ASME B31.4. Dikarenakan rancangan pipeline akan melalui jalan raya, maka desain untuk Crossing line mengunakan standard API 1102 ?Steel pipelines crossing railroads and highways??. Pada rancangan ini dilakukan variasi beban roda pada kondisi pipa terpendam dikarenakan ada beberapa area yang memiliki kemungkinan untuk dilewati kendaraan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa rancangn ini mampu menahan beban yang akan melewati jalur rancangan pipeline. Hasil rancangan pipeline telah dirancang berdasarkan kondisi rute dari pipeline dan telah mengacu pada standard ASME B31.4 dan API 1102. Dengan kondisi kedalamani penguburan 48 inch, pipa dengan material API 5 L grade B Sch 40, mampu menahan beban yang diakibatkan beban kendaraan berat seperti truck. Dari pembebanan tersebut, pipa telah aman dari kegagalan dalam bentuk defleksi ring, ring buckling atupun crushing side wall. Sedangakan hasil simulasi software Caesar, tegangan tegangan yang terjadi telah memenui krteria ASME B31.4. pada hasil simulasi software Pipenet, dengan variasi kecepatan penutupan katup 40 sec, 15 sec, dan 5 sec peningkatan internal pressure tidak terlalu signifikan.sehingga pipa aman dari overpressure. Kata kunci : Analisa tegangan, Pipa terpendam, ASME B31.4, API 1102.


Abstract

This Final project was made pipeline design from DPPU to terminal 3, Soekarno-Hatta airport. This design was made because there is expand project from this airport which using for international terminal in Soekarno Hatta airport. That in this project doing to apply pipe fuel hydrant system to supply fuel (avtur) in terminal 3 which expect to operate 24 hours. From this condition, is need a good pipeline and apropriate with standard, So plan result can be applied and operated. This Final project was focused in design a good pipeline and completed the criteria from ASME B31.4 ?Pipeline transportation system for liquid hydrocarbons and other liquids?. And this final project processing doing stress analysys which will compare with acceptance criteria ASME B31.4. This pipeline will be applied at road, so the standard design used API 1102 ?Steel Pipelines Crossing railroads and Highways?. At this plan doing wheel load variation in buried pipe condition, because is vehicle may be acrossed to some of the area. This has purpose to guaranteed if this plan can hold load which will acrossed the pipeline. This design result was planed based on route condition from pipeline and refer from ASME B31.4 and API 1102. With buried pipe condition used material API 5 L Sch 40, can hold the effect from the highest load (truck wheel load). From that hight load, the pipe are safe from ring deflection, ring buckling and Crushing Side wall. While the result of simulation from Software Caesar II, the stresses at pipe that happen are completed acceptance criteria ASME B31.4 standard. While the result of pipenet software simulation with accelerate closed valve variation 40 sec, 15 sec and 5 sec increase of internal pressure is not to significant, So the pipeline was safe from overpressure. Keywords : Stress Analysys, Buried Pipe, ASME B31.4 , API 1102


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :George Endri K
Dosen Pembimbing 2 : Nurvita Arumsari

Program Studi : D4 - TEKNIK PERPIPAAN
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.