DESAIN PIPELINE CROSSING HIGHWAYS PADA JARINGAN PIPA PENYALUR GAS

PIPELINE CROSSING HIGHWAYS DESIGN ON GAS TRANSPORTATION PIPELINE

Wahyu Adi Nuryono (6812040024)


Abstrak

Desain awal pipeline crossing pada KP 0 019 melebihi ketentuan yang tertera pada standar API RP 1102. Elevasi yang terlalu dalam menyulitkan proses pemasangan pipeline tersebut dan penggunaan casing sebenarnya tidak diperlukan. External load yang diterima pada bagian pipeline tersebut memungkinkan penyebab terjadinya kegagalan pada sistem seperti tegangan berlebih dan buckling. Berdasarkan permasalahan tersebut di atas maka Tugas Akhir ini bertujuan untuk menganalisa kemampuan desain pipeline crossing dengan beberapa elevasi yang telah ditentukan dan tanpa menggunakan casing. Tegangan akibat internal load, live load dan earth load dianalisa berdasarkan standar API RP 1102. Tegangan akibat sustained load dan occasional load dianalisa berdasarkan ASME B31.8. Analisa fatigue juga dilakukan untuk menentukan jumlah siklus yang mampu diterima segmen pipeline crossing pada bagian grid weld. Hasil analisa yang telah dilakukan adalah tegangan efektif dari setiap variasi desain masih memenuhi allowable stress material. Hasil perhitungannya menunjukkan bahwa semakin dalam elevasi pipa maka nilai tegangan efektif juga akan semakin kecil. Hasil perhitungan tegangan akibat beban sustained dan occasional menunjukkan bahwa semakin dalam elevasi pipa maka tegangan yang ditimbulkan akan semakin besar. Akan tetapi nilai tegangan dari beban sustained dan occasional pada setiap desain masih memenuhi allowable stress material. Nilai siklus fatigue pada setiap desain variasi memiliki nilai yang berbeda namun masih termasuk dalam tipe high-cycle fatigue. Kata Kunci : pipe crossing, uncasing pipe, sustained load, occasional load, fatigue analysis.


Abstract

The earlier design of pipeline crossing at KP 0 019 exceeds the provisions in the API RP 1102 standard. Very deep elevation pipeline makes it difficult for pipeline installation process and the use of casing is not necessary. External load applied at the pipeline crossing causes system failure such as over stress and buckling. Based on these problems, this final project aims to analyze the pipeline crossing design capability with some certain elevation and uncasing pipe. Stress due to internal load, live load and earth load is analyzed by API RP 1102 standard. Stress due to sustained load and occasional load is analyzed based on ASME B31.8 standard. Fatigue analysis is also carried out to determine the number of cycles accepted by pipeline crossing segment at the grid weld. The result is the effective stress of each variation design still meet the allowable stress material standard. Its calculation also shows that the deeper elevation the lower stress. The result of stress calculations due to sustained loads and occasional shows that the deeper pipe elevation the larger stress. But the stress value of sustained and occasional loads in each design still meet the allowable stress material standard. The value of fatigue cycles on each variation design is different, but it is still in the high-cycle fatigue type. Keyword : pipe crossing, uncasing pipe, sustained load, occasional load, fatigue analysis.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Adi Wirawan Husodo
Dosen Pembimbing 2 : Daisy Dwijati Kumala Ratna

Program Studi : D4 - TEKNIK PERPIPAAN
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.