Perancangan Ulang Sistem Bahan Bakar di PLTU Kaltim 2x110 MW

Redesign of Fuel Oil System at PLTU Kaltim 2x110 MW

Mohammad Rasul Zen (6811040019)


Abstrak

Sistem bahan bakar pada boiler di PLTU adalah sistem yang mengalirkan bahan bakar dengan jenis solar dari tanki penyimpanan untuk penunjang pembakaran pertama pada boile. Pada sistem ini tekanan di pompa supply terlalu besar untuk mengalirkan fluida dari tanki ke boiler, desain tekanan di pompa sebesar 50 bar dengan daya 75 kW, sedangkan di boiler hanya membutuhkan tekanan sebesar 25 bar, semakin besar kebutuhan tekanan pompa, semakin besar juga daya listrik yang akan digunakan pada sistem ini. Untuk mengatasi daya listrik yang tidak ekonomis, pada penelitian ini akan dilakukan redesain atau perancangan ulang untuk sistem bahan bakar. Untuk mendapatkan tekanan yang sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan boiler, penelitian ini menghitung head dan daya pompa dengan mempertimbangkan losses pada sistem perpipaan, sedangkan untuk analisa dan perhitungan tegangan akibat beban sustain untuk desain sistem perpipaan yang baru menggunakan software CAESAR II menurut ASME B31.1. Hasil perhitungan pada pompa yang dipakai untuk sistem perpipaan yang baru memiliki tekanan sebesar 28 bar dengan daya sebesar 11 kW, head pompa sebesar 40 m, dan kapasitas atau debit pompa sebesar 20 m3/h, dari hasil perhitungan, jumlah penyangga pipa yang dipakai pada sistem perpipaan yang baru ini sebanyak 37 buah dengan jarak antar penyangga yang diijinkan sepanjang 8,05 meter, hasil simulasi software CAESAR II menunjukkan stress tertinggi terjadi pada node 770 sebesar 10266,5 psi dan hasil dari perhitungan manual, tegangan tertinggi terjadi pada segmen 30 dengan nilai tegangan sebesar 9473 psi, sistem perpipaan dianggap aman karna tegangan yang terjadi pada pipa tidak lebih dari tegangan yang diijinkan, tegangan yang diijinkan sebesar 17100 psi. Kata Kunci : daya pompa, head pompa, tekanan pompa, jarak antar penyangga, tegangan pada pipa, tegangan yang diijinkan.


Abstract

The fuel system on the boiler in the power plant is a system that drains to the type of diesel fuel from the storage tank to support combustion of the first on the boiler. In this system the pressure in the pump supply is too large to drain fluid from the tank to the boiler, the design pressure at the pump is 50 bar with powe electrical 75 kW, while in the boiler only requires a pressure of 25 bar, higher the need for the pump pressure, high too for the electrical power to be used on this system. To overcome the electrical power is uneconomical, in this study will be done redesigning for the fuel system To get the pressure required in accordance with the needs of the boiler, the study calculates the pump head and taking into account the power losses in the piping system, while for the analysis and calculation of the sustained load stress due to the new design of piping systems using CAESAR II software according to ASME B31.1. Calculation results in a pump that is used for the new piping system has a pressure 28 bar with power of 11 kW, pump head of 40 m, and the capacity of the pump or discharge of 20 m3/h, number of pipe supports were used on the new piping system as much as 37 pieces at a distance buffer between the allowable along 8.05 meters, CAESAR II software simulation results show the highest stress occurs at 10266.5 at node 770 psi and the results of the calculations manually, the highest stress occurs in segment 30 with a rated stress of 9473 psi, the piping system is considered safe because the stress that occurs in the pipeline is not more than the allowable stress, allowable stress of 17100 psi. Keywords : power pump, pump head, pump pressure, distance supports, stress on the pipes, allowable stress.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Projek Priyonggo Sumangun
Dosen Pembimbing 2 : Agung Purwana

Program Studi : D4 - TEKNIK PERPIPAAN
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.