Perancangan Ulang Sistem Ballast Pada Kapal Patroli 60 M

REDESIGN of BALLAST WATER SYSTEM at PATROL SHIP 60 M

Muhammad Khoirullah (6811040012)


Abstrak

Kapal patroli 60 m berfungsi sebagai pengawas perbatasan negara. Pada saat sea trial, terjadi perbedaan sarat (trim) sebesar 61,4 cm (2,633m di AP dan 2,019 m di FP). Besarnya trim kapal patroli 60 m tersebut melebihi ketentuan maksimal trim menurut IMO Intact Stability, yaitu sebesar 1 % LPP (40 cm). Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang ulang sistem ballast Kapal Patroli 60 m agar diperoleh kondisi even keel. Fokus Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui besarnya volume air ballast yang harus ditambahkan, merancang posisi tangki ballast akibat penambahan volume air ballas tersebut, dan untuk mengetahui kebutuhan pompa ballas akibat penambahan volume air ballast. Perancangan ulang sistem ballast pada Kapal Patroli ini mengacu pada ketentuan BKI Volume 3. Dari hasil perancangan dan perhitungan, bahwa posisi tangki ballast yang baru berada pada 21,86 m di depan titik apung (F). Besarnya volume air ballas yang harus ditambahkan sebesar 10,146 m3. Spesifikasi pompa ballast akibat penambahan volume adalah 95 m3/jam (kapasitas), 86,79 m (total head), dan 23,031 kW (daya). Sehingga pada Kapal Patroli 60 m ini perlu dilakukan penggantian pompa ballast, karena spesifikasi untuk data pompa existing, adalah 50 m3/jam (kapasitas), 60 m (total head) dan 18,500 kW(daya). Kata kunci : Tangki, trim, head , daya pompa, kapasitas pompa


Abstract

60 m Patrol Ship serves as state border control. At the time of the sea trial, the draft difference (trim) is 61.4 cm (2,633m in AP and 2,019 m in FP). That number of trim above is exceeding the maximum trim limit according to the provisions of the IMO Intact Stability, the amount is 1% LPP (40 cm). This final project aims to redesign the system ballast of Patrol Boat 60 m in order to obtain even keel condition. Focus of this final project are to determine the magnitude of water ballast volume should be loaded, to arrange the position of the ballast tank due to the addition of the water ballasts, and to determine the technical specification of ballast pump due to the addition of ballast water volume. Redesign ballast water system of this Patrol Ships is refer to the rules of BKI Volume 3. From the result of design and calculation, the position of the new ballast tank is at 21.86 m foreward of the centre of flotation (F). The volume of water ballasts should be added is 10.146 m3. Technical specifications of ballast pump due to the addition of volume is 95 m3 / hour (capacity), 86.79 m (total head), and 23.031 kW (power). Furthermore, the existing of ballast pump should be replaced due to insufficient pump capacity 50 m3 / hour (capacity), 60 m (total head) and 18,500 kW (power). Keywords: tank, trim, moment, bodily sinkage, head loss, power pump, the pump capacity


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Adi Wirawan Husodo
Dosen Pembimbing 2 : Mardi Santoso

Program Studi : D4 - TEKNIK PERPIPAAN
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.