Analisa Aliran Udara di Ruang Kamar Mesin dan Ruang Pompa pada Kapal 50 Men Accomodation Work Barge

AIr Flow Analysis in Engine and Pump Rooms at 50 Men Accomodation Work Barge Ship

Rahmat Nur Hidayatullah (6811040010)


Abstrak

Kamar mesin dan ruang pompa merupakan ruangan yang biasanya terdapat pada kapal jenis accomodation work barge. Ruangan tersebut digunakan sebagai tempat peralatan-peralatan penunjang kapal dan kebutuhan pekerja, seperti main generator sebagai sumber tenaga untuk membangkitkan listrik dan fresh water maker sebagai penyedia kebutuhan air tawar di kapal. Saat peralatan-peralatan tersebut beroperasi maka menyebabkan kondisi temperatur udara di kamar mesin dan ruang pompa menjadi panas sehingga perlu adanya sistem ventilasi udara mekanikal. Berdasarkan permasalahan di atas perlu adanya analisa ventilasi udara mekanikal pada kondisi desain awal. Sistem ventilasi menghasilkan aliran sirkulasi udara yang mana dapat menurunkan temperatur di kamar mesin dan ruang pompa. Menurut ISO 8861:1998 tentang ?Shipbuilding Engine Room Ventilation In Diesel, Engined Ships, Design Requirements And Basis Of Calculations?: suhu maksimum kamar mesin yaitu 45oC atau 5oC lebih besar dari temperatur udara luar, sehingga perlu adanya evaluasi sistem saluran udara khususnya temperatur setiap ruangan beserta pengaruh variasi supply udara terhadap kecepatan, temperatur dan tekanan. Nilai distribusi kecepatan, tekanan dan temperatur dapat diketahui dengan simulasi menggunakan computational fluid dynamic. Hasil simulasi menunjukkan bahwa kapasitas fan sebesar 10600 cmh tidak dapat memenuhi standart temperatur udara yang telah ditetapkan ISO di kamar mesin, sedangkan pada ruang pompa temperatur udara telah memenuhi standart ISO. Nilai temperatur rata-rata di kamar mesin yaitu sebesar 318,85 K atau 45,7oC, sedangkan nilai temperatur rata-rata di ruang pompa yaitu sebesar 310,7 K atau 37,55oC. Variasi supply udara sebesar 10% yaitu sebesar 2,944 m/s, 3,24 m/s dan 3,56 m/s menyebabkan terjadi penurunan suhu yaitu 317,62 K atau 44,47oC dan 316,71 K atau 43,56oC, sedangkan tekanan dan kecepatan udara mengalami kenaikan. Kata Kunci : computational fluid dynamic, saluran udara, kamar mesin, ruang pompa, temperatur udara, ventilasi udara.


Abstract

Engine room and pump room usually are a room which locate at accomodation work barge ship. That room use as a place to put equipments for supporting ship and worker requirement, such main generator as energy source for awakening an electrical and fresh water maker as provide fresh water on ship. When the equipments are operated, they affect to temperature air condition in engine room and pump room that make temperature hotter so there must be air ventilation mechanical system. There are problem that need analysis of air ventilation mechanical at existing design condition. Ventilation system produce air flow circulation which make lower temperature in engine room and pump room. According to ISO 8861:1998 about ?Shipbuilding Engine Room Ventilation In Diesel, Engined Ships, Design Requirements And Basis Of Calculations? : Maximum temperature in engine room that is 45oC or 5oC more higher than ambient temperature, there must be evaluation ducting system especially temperature of each room along with the effect variation air supply to air velocity, temperature and pressure. Distribution value of velocity, pressure and temperature are known by simulation use computational fluid dynamic. The result of simulation indicate that capacity fan is 10600 cmh isn`t comply with air temperature standard of ISO rules in engine room. Average temperature value in engine room that is 318,85 K or 45,7oC, whereas average temperature value in pump room that is 310,7 K or 37,55oC. Variation of air supply 10% that is 2,944 m/s, 3,24 m/s and 3,56 m/s to give impact lower temperature 317,62 K or 44,47oC and 316,71 K or 43,56oC, whereas air pressure and velocity more higher than before. Keyword : computational fluid dynamic, ducting, engine room, pump room, air temperature, air ventilation.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Mardi Santoso
Dosen Pembimbing 2 : Heroe Poernomo

Program Studi : D4 - TEKNIK PERPIPAAN
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.