ANALISA TEKNIS MODIFIKASI PEMANAS BAHAN BAKAR MENGGUNAKAN THERMAL OIL PADA KAPAL KM. ARMADA SERASI

TECHNICAL ANALYSIS OF HEATING FUEL MODIFICATION USING THERMAL OIL AT SHIP KM. ARMADA SERASI

Bimanto Tri Haryadi (6811040009)


Abstrak

KM. Armada Serasi merupakan kapal yang dilengkapi dengan sistem pemanasan steam boiler untuk memanaskan HFO settlink tank, purifier tank, dll. Sistem pemanasan HFO pada KM. Armada Serasi merupakan bagian utama kerja steam boiler, untuk mengurangi beban kerja steam boiler yang terlalu besar maka dalam tugas akhir ini dilakukan analisa teknis modifikasi sistem pemanas bahan bakar menggunakan thermal oil Sebagai pengganti steam boiler. Analisa dilakukan untuk mengetahui sistem pemanas thermal oil mampu untuk diaplikasikan pada KM. Armada Serasi. Cara kerja thermal oil yaitu dengan memanfaatkan panas dari gas buang mesin yang nantinya akan memanaskan thermal oil sebagai pembawa panas. Perhitungan meliputi total kebutuhan panas pada setiap tangki, perhitungan perpindahan panas untuk mengetahui temperatur masuk dan temperatur sesudah pemanasan yang terjadi di Heat exchanger, tangki settling, tangki final heater, dan perhitungan heat losses pipa pemanas dari tangki ke tangki. Dari hasil perhitungan yang didapatkan suhu masuk gas buang adalah 400 ?C dan suhu keluaran setelah pemanasan economizer adalah 247.8?C untuk menaikan suhu thermal oil menjadi 138.6 ?C yang semula 36 ?C. Pada desain final heater suhu masuknya fluida thermal yaitu 138.6 ?C memanaskan HFO 80 ?C menjadi 100 ?C dan pada desain tangki settling suhu masuknya ialah 95.9?C untuk menaikkan suhu HFO dari 40 ?C menjadi 80 ?C. Fluida pemanas menggunakan Calflo LF produksi Petro Canada. Sistem thermal oil boiler menggunakan pompa younjou type 2cy 5/3 3-2 high pressure transfer oil. Dan dari hasil perhitungan biaya fluida kerja steam boiler lebih ekonomis dibandingkan thermal oil boiler, sedangkan biaya bahan bakar thermal oil boiler lebih ekonomis dibandingkan steam boiler.


Abstract

KM. Armada Serasi is a ships equipped with steam heating system boiler to heat the HFO settling tank, purifier tanks, etc. HFO heating system in the KM. Armada Serasi work is a major part of steam boilers, to reduce the workload of the steam boiler is too large, then in this final project technical analysis modification of the fuel heating system uses thermal oil as a substitute for steam boilers The analyzes were performed to determine the thermal oil heating system is able to be applied in KM. Armada Serasi. How it works is by utilizing the thermal oil heat from engine exhaust gases will heat the thermal oil as the heat carrier. Calculation includes total heat requirement in each tank, heat transfer calculations to determine the inlet temperature and the temperature after heating that occurred in Heat exchangers, settling tanks, finals heater tank, and calculation of heat losses heating pipes from tank to tank. From the calculation results obtained flue gas inlet temperature is 400 ? C and outlet temperature after heating economizer is 247.8?C to raise the temperature of 138.6 ? C thermal oil into the original 36 ?C. In the final design of the entry of the heater temperature is 138.6 ? C thermal fluid heating HFO 80 ?C to 100 ?C and the settling tank design temperature is 95.9?C inclusion of HFO to raise the temperature of 40 ?C to 80 ?C. Fluid heater using Calflo LF production Petro Canada. A pump thermal oil boiler system using type younjou 2CY 3-2 5/3 high pressure oil transfer. And from the calculation of the cost of the working fluid steam boiler is more economical than thermal oil boiler, while the cost of fuel thermal oil boiler is more economical than a steam boiler.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Sudiyono
Dosen Pembimbing 2 : Pekik Mahardhika

Program Studi : D4 - TEKNIK PERPIPAAN
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.