ANALISA TEGANGAN SISTEM PERPIPAAN BONGKAR MUAT DI ATAS DECK PADA KAPAL SPOB DI PT. ORELA SHIPYARD

STRESS ANALYSIS OF CARGO PIPING SYSTEM ON DECK LINE AT SPOB VESSEL IN PT. ORELA SHIPYARD

Ali Ardiansyah (6810040019)


Abstrak

Kapal tanker mempunyai resiko kebakaran yang lebih besar dari pada jenis kapal lainnya. Perancangan sistem perpipaan bongkar muat harus dilakukan secara teliti sehingga memerlukan analisa teknik lebih lanjut terutama analisa tegangan. Analisa tegangan pada tugas akhir ini bertujuan untuk menentukan jumlah penyangga dan posisinya untuk menjaga agar sistem perpipaan dapat beroperasi dengan aman sesuai dengan batasan ASME B31.4 dan DNV ? Rules for Ship. Metodologi yang dilakukan pada penelitian ini antara lain melakukan pengamatan langsung terhadap kondisi aktual sistem perpipaan bongkar muat pada kapal SPOB di galangan PT. Orela Shipyard yang bertempat di kabupaten Gresik, mempelajari teori-teori yang berhubungan dengan desain penyangga dan analisa tegangan, kemudian mengadakan pengolahan data dan analisa, terakhir membandingkan hasil perhitungan manual dengan software CAESAR II dengan mengacu pada standar yang digunakan yaitu ASME B31.3 dan DNV ? Rules for Ship. Dari hasil analisa, penggunaan penyangga berjumlah 8 satuan dari 7 satuan yang ditetapkan. Nilai tegangan akibat beban sustained, beban occasional angin dan beban thermal ekspansi baik perhitungan manual maupun perhitungan dengan menggunakan software masih berada dibawah batasan nilai tegangan yang diizinkan sesuai ASME B31.3 dan DNV ? Rules for Ship sehingga sistem perpipaan bongkar muat ini dinyatakan aman dan siap untuk dioperasikan. Kata Kunci : tegangan, penyangga, ASME B31.4, DNV ? Rules for Ship


Abstract

Oil tanker ship has a greater risk of fire than other vessel types. Cargo piping system design should be done carefully so that the technique requires further analysis especially stress analysis. Stress analysis in this final project purpose to determine the amount of support and position to keep the piping system can operate safely in accordance with ASME B31.4 and DNV - Rules for Ship. The methodology used in this analysis include direct observation of the actual condition of cargo piping system on SPOB vessel in shipyard of PT. Orela Shipyard is located in Gresik regency, learning theories related to the support design and stress analysis, and then entered the data processing and analysis, the last is comparing the result of manual calculation with CAESAR II software with reference to the standards used are ASME B31.3 and DNV - Rules for Ship. From the results of analysis, the use of support totaling 8 units of 7 units set. Stress value due to sustained loads, occasional wind loads, and thermal expansion loads of the manual calculation or by using software calculations is below than the allowable stress according to ASME B31.4 and DNV - Rules for Ship so that the cargo piping system is declared safe and ready to operate. Keyword : stress, support, ASME B31.4, DNV ? Rules for Ship


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Budi Prasojo
Dosen Pembimbing 2 : Endah Wismawati

Program Studi : D4 - TEKNIK PERPIPAAN
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.