ANALISA STRESS DAN FATIGUE PADA PIPELINE CROSSING REL KERETA API MILIK PT. PGN WIL DISTRIBUSI NGAGEL

STRESS ANALYSIS AND FATIGUE ON RAILWAY CROSSING PIPELINE OF PT. PGN REGION DISTRIBUTION NGAGEL

Abi Damang Koswara (6810040014)


Abstrak

Pada jalur pipeline ada beberapa hambatan yang dilewati, diantaranya harus melewati highway crossing dan crossing rel kereta api, contohnya yang terletak di wilayah Ngagel. Pipeline harus dipendam dibawah jalan raya dan rel kereta api dengan kedalaman tertentu, dimana pipeline masih aman dari terjadinya kerusakan yang diakibatkan internal load dan external load. Untuk menghilangkan load yang ditanggung oleh pipeline, maka perlu dilakukan perhitungan stress dan fatigue weld yang dialami oleh pipa. Pada tugas akhir ini, dilakukan analisa teknis yang meliputi perhitungan stress pada pipa baik yang disebabkan oleh internal load maupun external load. Selain itu juga dilakukan perhitungan fatigue weld pada area girth weld maupun longitudinal weld. Kemudian dari hasil perhitungan, dilakukan beberapa variasi pada kedalaman dan ketebalan pipa untuk mendapatkan optimasi desain crossing rel kereta api. Berdasarkan perhitungan dan analisis, diketahui bahwa effective stress yang dialami pipa NPS 6 (in) dengan kedalaman 6,5 (ft) dan tebal 0,279 (in) sesuai dengan kondisi dilapangan, sedangkan allowable effective stress-nya sebesar 25.200 psi untuk material API 5L grade B. Untuk nilai fatigue weld yaitu girth weld sebesar 7.189,29 psi masih dibawah allowable-nya 8.640 psi, sedangkan longitudinal weld sebesar 4.425,489 psi juga masih dibawah allowable-nya 15.120 psi. Berdasarkan hasil variasi kedalaman, diketahui desain optimal terdapat pada kedalaman 6 (ft) itu masih dibawah allowable stress sebesar 25.200 psi sehingga pipa masih aman digunakan untuk crossing pipe double track. Perhitungan dengan menggunakan software Caesar 5.1 nilai allowable stress dari material selisih tidak jauh beda dengan yang ada pada standard API 5L. Kata Kunci : crossing pipe rel kereta api, internal load, external load, API 5L grade B, effective stress, fatigue weld.


Abstract

In the pipeline there are several paths impassable obstacles,one must pass through the highway crossing and the railroad crossing, example located in the region Ngagel. The pipeline should be buried under the highway and railroad tracks with a certain depth, where the pipeline is safe from damage caused by the internal load and external load. To eliminate the load born by the pipeline, it is necessary to the calculation of stress and fatigue experienced weld pipe. In this Final Project, technical analysis which includes the calculation of stress in the pipe caused by both internal load and external load. In addition, calculation of the area of the girth weld fatigue and longitudinal weld. Then from the result of calculations, performed some variation in the depth and thickness of the pipe to get the design optimization railroad crossing. Based on the calculation and analysis, it is known that the effective stress experienced in piping NPS 6 (in) with with a depth of 6.5( ft) and thickness 0.279 (in) accordance with the conditions of the field, while the effective allowable stress of 25,200 psi her for material API 5L grade B. For values of weld fatigue is gith weld at 7189.29 psi still below its allowable 8,640 psi, while the longitudinal weld at 4,425.489 psi is still below the allowable 15,120 psi. Based on variation of the depth , the optimal designs are known at a depth of 6 (ft) and a thickness was still below the allowable stress of 25,200 psi so that the pipe is still safe to use for a double track crossing pipe. Calculation using Caesar 5.1 software allowable stress value of the material different is not much different from that of the standar API 5L. Key Words : railroad crossing pipe, internal load, external load, API 5L grade B, effective stress, fatigue weld.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Projek Priyonggo Sumangun
Dosen Pembimbing 2 : Dimas Endro Witjonarko

Program Studi : D4 - TEKNIK PERPIPAAN
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.