Analisa Getaran Pada Jalur Perpipaan Dari Discharge Kompresor Stage 3 Menuju Intercooler 3

VIBRATION ANALYSIS ON PIPING SYSTEM FROM COMPRESSOR DISCHARGE STAGE 3 TO INTERCOOLER 3

Eros Sandita (6810040009)


Abstrak

Pada jalur perpipaan yang terhubung dengan pompa ataupun kompresor, kemungkinan pipa untuk mengalami getaran yaitu cukup besar. Perpipaan yang terhubung dengan mesin rotasi , sebaiknya dipastikan apakah pipa dapat menahan getaran yang terjadi. Ada beberapa hal pada pipa yang perlu diperhatikan jika pipa mengalami getaran, khususnya tegangan dinamis dan simpangan yang dialami oleh pipa. Analisa getaran dilakukan untuk memastikan bahwa pipa yang berpeluang mengalami getaran dapat beroperasi dengan aman. Untuk memastikan hal tersebut, maka diperlukan analisa untuk mengetahui apakah pipa tersebut mampu menahan getaran yang dialami oleh pipa tersebut. Yang dilakukan dalam analisa getaran pada pipa yaitu memastikan bahwa tegangan dinamik yang dialami oleh pipa dan simpangan yang terjadi pada pipa masuk dalam kategori yang diijinkan berdasarkan perhitungan dan juga standard. Perhitungan tegangan dinamik menunjukkan bahwa pipa mampu menahan tegangan dinamik yang dialami, karena tegangan dinamik yang dialami oleh pipa tidak melebihi batasan tegangan dinamik yang diijinkan. Hasil analisa simpangan yang terjadi pada pipa menunjukkan bahwa kondisi pipa masih dalam kategori aman, karena simpangan yang terjadi pada pipa juga tidak melebihi batasan simpangan yang diijinkan.


Abstract

In piping system that connected to pump or compressor, pipe can receive vibration. Piping system that connected to rotary machine, it?s better to ensure that pipe can hold the vibration. Many thing must be considered if pipe receive vibration, especially for dynamic stress anda displacement on pipe. Vibration analysis must be done to ensure that pipe which receive vibration can operate safely. To ensure that, necessary analysis to ensure that piping system can hold the vibration. Things that need to be analyzed is to ensure that dynamic stress and displacement in range of allowable range, based on calculation and standard. Dynamic stress calculation shown that pipe can hold the dynamic stress. Because the dynamic stress is smaller than allowable stress. Analysis result of displacement shown that displacement on pipe is not over from allowable displacement.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Mardi Santoso
Dosen Pembimbing 2 : Arief Subekti

Program Studi : D4 - TEKNIK PERPIPAAN
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.