ANALISA DESAIN PIPELINE BURIED PIPE LINE NUMBER 12-GP-3K-028-CDW1LT PADA KM 29,2 - KM 30,9 (STUDI KASUS PIPELINE LETANG TENGAH RAWA OPTIMIZATION)

DESIGN ANALYSIS OF BURIED PIPELINE LINE NUMBER 12-GP-3K-028-CDW1LT AT KM 29,2 - KM 30,9 (CASE STUDY OF PIPELINE LETANG TENGAH RAWA OPTIMIZATION)

Saiful Arif (6810040001)


Abstrak

Pipeline memanfaatkan tekanan dan kompresi untuk mentransportasikan minyak dan gas secara aman dan efisien. Dalam desain pipeline, khususnya pipeline underground sangat banyak hal yang harus dipertimbangkan mulai dari penentuan jalur pipeline, pemilihan material pipa, diameter pipa, ketebalan pipa, kedalaman pipa, perlindungan pipa terhadap korosi hingga tegangan pada pipa tersebut. Pipeline underground dapat mengalami kegagalan yang diakibatkan oleh ovality, crushing side wall, ring buckling, overstress pada crossing road, upheavel buckling dan tensile failure. Agar pipeline tersebut tidak mengalami kegagalan, maka diperlukan analisa untuk mengetahui apakah pipeline tersebut telah didesain sesuai dengan standar yang terkait sehingga pipeline tersebut dapat beroperasi tanpa mengalami kegagalan. Metode yang digunakan dalam analisa desain pipeline ini mengacu pada pada code and standart ASME B31.8, ASME B31.1 appendix VII, API RP 1102, dan Guidelines For The Design Of Buried Steel Pipe. Perhitungan tebal dinding pipa menyatakan bahwa tebal pipa yang ada mampu menahan tekanan internal akibat fluida. Analisa beban external pada pipa menunjukan bahwa pipa tersebut mampu menahan beban external berupa earth load dan surface live load. Analisa crossing road menunjukan bahwa bagian pipa yang melewati jalan raya aman dari overstress akibat earth load dan surface live load. Analisa upheavel buckling menunjukan gaya friksi tanah lebih besar dari gaya aksial pada pipa sehingga menjamin tidak terjadi upheavel buckling. Analisa tensile failure menunjukan bahwa tegangan yang terjadi pada pipa masih berada dalam batasan yang diijinkan.


Abstract

Pipeline utilizing pressure and compression to transport oil and gas safely and efficiently. In the design of pipelines, particularly underground pipelines so many things to consider ranging from the determination of the pipeline path, the selection of the pipe material, pipe diameter, pipe thickness, pipe depth, pipe protection against corrosion until the stress on the pipeline. Underground pipeline can be failures caused by ovality, crushing side wall, ring buckling, overstress on crossing the road, buckling upheavel and tensile failure. The pipeline in order not to fail, it would require an analysis to determine whether the pipeline has been designed in accordance with relevant standards so that the pipeline can operate without failure. The method used in this analysis refers to the pipeline design codes and standards in ASME B31.8, ASME B31.1 Appendix VII, API RP 1102, and the Guidelines For The Design Of Buried Steel Pipe. Calculation of pipe wall thickness stated that the existing pipe thickness capable of withstanding an internal pressure caused by the fluid. Analysis of external load on the pipe indicates that the pipe is able to withstand external loads such as earth load and live load surface. Road crossing analysis showed that the pipe that passes through the highway safety of overstress due to earth load and live load surface. Buckling analysis indicates upheavel ground friction is greater than the axial force on the pipe so as to ensure no buckling occurs upheavel. Analysis showed that the tensile failure stress that occurs in the pipe is still in the allowable limits.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :George Endri K
Dosen Pembimbing 2 : Nopem Ariwiyono

Program Studi : D4 - TEKNIK PERPIPAAN
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.