PENGARUH KECEPATAN DAN ARUS LAS PADA RESISTANCE SEAM WELDING TERHADAP KEKUATAN GESER DAN DIAMETER NUGGET MENGGUNAKAN MATERIAL FERITIC STAINLESS STEEL (DIN 14003) DI PT. INKA

THE EFFECT OF WELDING CURRENT AND SPEED ON THE RESISTANCE SEAM WELDING TOWARD SHEAR STRENGTH AND DIAMETER NUGGET BY USING FERITIC STAINLESS STEEL MATERIAL (DIN14003) AT PT.INKA

Mahmud Ali Nurdin (6712040033)


Abstrak

ABSTRAK Resistance seam welding merupakan pengelasan tanpa menggunakan bahan tambah dengan masukan panas yang cukup dan waktu yang singkat untuk proses pencairan. Maka dibutuhkan arus yang besar agar menghasilkan panas yang cukup. seeam welding ini biasanya di pakai untuk pembuatan kereta api tepatnya di dinding kereta karena memerlukan las continue dan kuat. Material yang digunakan pada penelitian ini adalah ferritic stainless steel DIN 1.4003 dengan dimensi 160 mm x 40 mm x 2 mm yang akan disambung dengan lap joint. Penelitian ini akan menggunakan variasi arus dan kecepatan las. Parameter yang digunakan adalah untuk arus : 7kA, 8kA, 9kA dan untuk kecepatan las adalah : 2cm/s, 3cm/s , 4cm/s dengan pengujian shear test dan macro etsa. Metode pengujian ini di fokuskan pada kekuatan geser dan diameter nugget Hasil dari pengujian geser menunjukkan bahwa semua parameter tidak berpengaruh, karena semua mengalami kegagalan di base metal dari semua parameter arus las dan kecepatan las, Sehingga bisa disimpulkan tidak ada specimen yang gagal karena tegangan geser pada las-lasan. Patahan tidak terjadi di weld metal maka bisa dikatakan semua parameter las-lasan baik. Sedangan dari hasil pengujian makro etsa menunjukan bertambahnya lebar diameter nugget seiring dengan bertambahnya kuat arus 9kA dan berkurangnya kecepatan las 2cm/s. Kata kunci : Resistance Seam Welding, Arus


Abstract

ABSTRACT Resistance seam welding is welding without using an extra sufficient with enough heat input and have short time for melting process. Then the large currents required in order to generate enough heat. Seeam welding is commonly used for manufacturing train precisely in the walls of the train due to the need of continuesly and strong wedling. The material used in this research is a ferritic stainless steel DIN 1.4003 with dimensions 160 mm x 40 mm x 2 mm that will be spliced with lap joint. This research will use a variation of the flow and the speed of welding. The parameter is used for currents: 7kA, 8kA, 9kA and for the welding speed are: 2 cm/s, 3 cm/s, 4 cm/s with testing shear test and macro etsa. This testing method focus on the strength of the shear and nugget diameter The result of shear test shows is that all parameter not affect because all failures on base metal of all parameters of weld current and wel speed, so all can be concluded there is no specimen that failed because voltage shear in weld metal. Fracturing does not happen at metal weld it can be it says all parameter is good. While the results of the test showed the increase of macro-etsa width diameter nugget along with increasing current 9kA and reduced speed las 2 cm/s. Key words: Resistance Seam Welding, The Currents


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Soeweify
Dosen Pembimbing 2 : Muhamad Ari

Program Studi : D4 - TEKNIK PENGELASAN
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.