OPTIMASI PARAMETER KUAT ARUS VOLUME ALIRAN GAS PELINDUNG DAN KECEPATAN KAWAT PADA PROSES PENGELASAN MAG TERHADAP KETANGGUHAN PADA MATERIAL KARBON RENDAH

THE OPTIMIZATION OF CURRENT, THE VOLUME OF THE SHILEDING GAS FLOW AND THE WIRE SPEED PARAMETER OF THE PROCESS OF MAG WELDING TO THE TOUGHNESS OF LOW CARBON MATERIAL

Fitrian Sahid Hidayat (6710040056)


Abstrak

Underframe adalah komponen terpenting dari gerbong kereta api, menyangga seluruh beban yang ada di atasnya. Pengelasan dilaksanakan diseluruh bangunan underframe, pada daerah underframe terjadi pembebanan secara dinamik untuk itu nilai ketangguhan harus tinggi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ketangguhan paling tinggi yang dapat dihasilkan oleh variasi parameter pengelasan pada daerah underframe dan mengetahui pengaruh variasi parameter pengelasan terhadap respon ketangguhan dengan memvariasikan kuat arus, keceptan gas pelindung dan kecepatan kawat las. Untuk mengetahui pengaruh variasi parameter terhadap respon menggunakan metode respon surfase, berdasarkan rancangan Box-Behnken, dan tidak ada pengulangan. Melalui penelitian ini didapatkan ketangguhan yang paling tinggi dari variasi parameter adalah sebesar 149.5 Joule sedang utuk nilai optimum dari titik optimum didapat nilai ketangguhan 146 Joule. Kata kunci: ketangguhan, uderframe, metode response surface, rancangan Box-Behnken, pengelasan, kuat arus, keceptan gas pelindung, kecepatan kawat


Abstract

Underframe becomes the most important component of a railcar because it supports the overall load upon it. The welding is done along the underframe structure. Considering that there is dynamic imposition on the underframe part the toughness value should be high. The study aimed at knowing the highest toughness that can be producd by the welding parameter variation on the underframe part and figuring out the affects of the welding parameter variation to the response of toughness by variying the current, the shielding gas speed and the welding wire speed. Response surface method using Box-Bhenken design without repetition was employed in this study. The result showed that the highest toughnes of the parameter variation was 149.5 Joule. In addition. The optimum point of the toughness value was 146 Joule. Keyword : toughness, underframe, response surface methods, Box-Behnken design, welding currents, speed of shielding gas, wire speed


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Pranowo Sidi
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D4 - TEKNIK PENGELASAN
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.