Analisis sifat mekanik dan struktur mikro pada pengelasan aluminium 5083 yang mengalami deformasi plastis

ANALYSIS OF MECHANICAL PROPERTIES AND MICRO STRUCTURE OF WELDING ALUMINUM 5083 IS PLASTICALLY DEFORMED

Achmad Hoirul Jamik (6710040053)


Abstrak

Pada saat ini penggunaan material aluminium semakin banyak diaplikasikan pada alat transportasi terutama alat transportasi perkapalan. Di PT. orela shipyard sekarang memproduksi kapal aluminium jenis crew boat. yang mana Menggunakan aluminium tipe nonheat-treatable jenis 5083 yang diaplikasikan pada lambung kapal dengan proses pengelasan GMAW maupun GTAW. permasalahan yang sering terjadi pada pengelasan aluminium ini adalah menurunnya kuat nilai kekerasan pada HAZ maupun weld metalnya. Dalam proses pembuatan lambung kapal material harus menyesuaikan rencana garis (body plan) sehingga material mengalami proses pelengkungan yaitu terjadi deformasi plastik. Sehingga dalam hal ini dilakukan penelitian dengan variasi radius bending untuk menentukan mechanical propertias yang tepat untuk diaplikasikan pada kapal aluminium. Dalam proses penelitiannya aluminium 5083 dilakukan proses bending dengan variasi radius bending 700 mm, 400 mm dan 50 mm serta aluminium 5083 tanpa bending sebagai data pembanding. Kemudian dilakukan proses pengelasan dengan proses las MIG pada semua coupon test. Hasilnya adalah pada material dengan radius bending 50 mm memiliki nilai kekerasan paling tinggi pada base metal, HAZ dan weld metalnya yaitu 79,44HVN, 60,04HVN dan 67,69HVN. Dan yang terendah terjadi pada material tanpa bending pada base metal, HAZ dan weld metal yaitu 69,60HVN, 60,64HVN dan 67,69HVN. Sedangkan pada radius bending 50 mm bentuk struktur mikro lebih lonjong dari pada material dengan radius 400mm dan 700mm di karenakan pada radius 50 mm deformasi yang terjadi lebih besar. Kata kunci: aluminium 5083, deformasi plastik, nilai kekerasan, struktur mikro.


Abstract

At this time used of aluminum material more applicable to transportation shipping. Now PT. Orela Shipyard is producing type of aluminum crew boat, which is using aluminum nonheat-treatable aluminum, type 5083. And it is applied to the hull with GMAW and GTAW welding process. The problems that often occur in welding aluminum is a strong decrease in the hardness values of the weld metal and HAZ. In the process making of the hull the material have to adjust lines plan (body plan) so the material undergoes a process of bending that is plastic deformation. So in this case, the research is conducted with the variation of the radius bending to determine mechanical properties appropriate to be applied on aluminum boats. In the research process aluminum 5083 is bended with a variation bending radius of 700 mm, 400 mm and 50 mm and aluminum 5083 without bending as comparable data. Then it weld process with MIG welding process in all test coupon. The result is a material with bending radius of 50mm has highest hardness value in the base metal, HAZ and weld metal is 79.44 HVN, 60.04 HVN and 67.69 HVN. And the lowest occurred in the material without bending the base metal, HAZ and weld metal is 69.60 HVN, 60.64 HVN and 67.69 HVN. While at the bending radius of 50 mm is more oval shape of the microstructure than the material with a radius of 400mm and 700mm radius of 50 mm due to the deformation is larger. Keywords: the 5083 aluminum, plastic deformation, hardness, microstructure.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Moh. Miftachul Munir
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D4 - TEKNIK PENGELASAN
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.