DESAIN SAMBUNGAN LAS PADA STEERING GEAR KAPAL MV. GURIA TRADER di PT. ORELA SHIPYARD

DESIGN OF WELDING CONNECTIONS ON STEERING GEAR VESSEL MV.GURIA TRADER IN PT.ORELA SHIPYARD

Febryano Erdhi Sadewa (6710040052)


Abstrak

Mendesain kekuatan sambungan las merupakan tugas dari seorang welding engineer untuk memastikan kebutuhan ukuran dari dimensi weld metal. Seorang welding engineer juga bertanggungjawab atas kekuatan pengelasan yang dia desain dan memastikan tidak akan terjadi kegagalan dalam sebuah kontruksi. Dalam mendesain kekuatan sambungan las steering gear, standart yang digunakan adalah AWS D1.1, dimana standart ini mengkualifikasi struktur pengelasan baja karbon atau low alloy steel dengan tebal 3 mm atau lebih, dengan minimum yield strength 690 MPa atau kurang. Terjadinya beban cyclic erat kaitannya dengan fatique dari kontruksi sebuah bangunan. Kelelahan material dapat mempengaruhi umur dari sebuah bagunan dan desain pemilihan material maupun perhitungan strees range harus sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kebutuhan kekuatan sambungan las pada steering gear kapal dengan perhitungan sambungan las mampu bertahan hingga 20 tahun. Stress range yang terjadi pada root direduksi dengan cara melakukan bevel hingga memenihu perhitungan allowable stress range. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa, dimensi base metal bearing yang dibutuhkan adalah 140 mm ? 12 mm dengan stress range sebesar 66,22 MPa, serta tipe penetrasi adalah full penetrasi. Hasil perhitungan kekuatan sambungan las tiller sebesar 2 ? ( 455,3 mm ? 13 mm ) dengan stress range sebesar 56,60 MPa. Prediksi umur sambungan las bearing menghasilkan umur tak terbatas karena berada dibawah endurance limit dan tiller diprediksi bertahan hingga umur 33,10 Tahun.


Abstract

Designing the strength of welded joints is the duty of a welding engineer to ensure the needs of the size of weld metal dimensions. Welding engineer is also responsible for the strength of welding to ensure that failure will not occur in a construction. Design strength of welded joints for steering gear on the ship, the standard used is AWS D1.1. Where the standard is to qualify the welding of structural carbon steel or low alloy steel with a thickness of 3 mm or more, with a minimum yield strength of 690 MPa or less. The occurrence of cyclic loads, closely related to the fatigue of a building. Fatigue properties of the material can affect the lifespan of a buildings, and material selection and design calculations "strees range" must comply with the requirements. This study aimed to determine the needs strenght of steering gear welded joints on the vessel with the calculation of welded joints can last up to 20 years. The longer it takes the life of a connection, the stress range is also getting smaller and automatically dimension the larger the cross-section. Stress range at the root reduced with make a bevel on the connections until stress range not increase the allowable stress range. From the calculation, shows that, the dimensions of the base metal bearing required is 140 mm ? 14 mm with a stress range 66,22 MPa and complate joint penetration type of penetration. The results of the calculation the strength of welded joints tiller 2 ? ( 455.3 mm ? 13 mm ) with a stress range of 56,60 MPa. Bearing life prediction of welded joints produce an infinite lifespan as endurance limit and under the tiller predicted to survive until 33.10 years.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Moh. Miftachul Munir
Dosen Pembimbing 2 : Bambang Teguh Setiawan

Program Studi : D4 - TEKNIK PENGELASAN
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.