Analisis Kekuatan Struktur pada Portable Ramp di PT. Lintech Duta Pratama dengan Metode Elemen Hingga

STRUCTURAL STRENGTH ANALYSIS OF PORTABLE RAMP IN LINTECH DUTA PRATAMA LTD. USING FINITE ELEMENT METHOD

Muhammad Hilmi Saifullah (6612040059)


Abstrak

Dalam menunjang aktivitas divisi port di PT Lintech Duta Pratama, perusahaan juga difasilitasi kapal tongkang yang fungsi utamanya sebagai bongkar muat material-material yang digunakan pada kegiatan produksi. Untuk menunjang kelancaran aktivitas tersebut, kapal tongkang ini ditunjang oleh jembatan atau ramp yang diproduksi secara pribadi sebagai akses keluar-masuk alat transportasi berupa truk-truk yang mengangkut material dari daratan menuju kapal tongkang maupun sebaliknya. Dalam penerapannya ramp harus dapat menerima beban yang sesuai dengan batas tegangan izinnya. Analisis kekuatan ramp ini menggunakan program berbasis FEM dengan memberikan empat variasi beban yang telah ditentukan berdasarkan Jumlah Berat yang Diizinkan (JBI) untuk mobil barang. Validasi dilakukan dengan membandingkan hasil tegangan model dengan kalkulasi manual. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tegangan maksimum terbesar untuk keseluruhan struktur terjadi pada pembebanan mobil barang variasi 4 yakni sebesar 87,69 MPa. Untuk defleksi terbesar terjadi pada pembebanan mobil barang variasi 4 dengan defleksi sebesar 0,53 mm. Sehingga bila dibandingkan dengan tegangan dan defleksi izin sesuai peraturan perhitungan BKI yang masing masing sebesar 150 MPa dan 30,5 mm, struktur portable ramp dinyatakan aman dengan pembebanan yang telah ditentukan.


Abstract

In supporting activities of the ports division in Lintech Duta Pratama Ltd., the company also facilitated barge unloading which it?s main function as the materials used in production activities. To support these activities, the barge is supported by the bridge or ramp produced personally enter and exit as a means of transportation such as trucks that transport the material from the mainland to the barges and vice versa. In its application should be able to receive a load ramp that corresponds to the allowable stress. This ramp strength analysis using FEM based program to provide four load variations that have been determined based on the amount of weight that is allowed for freight cars. Validation is done by comparing the results of the manual calculation with the software simulation. The results of this study showed the largest maximum stress for the entire structure occurs in loading freight cars variation 4 which is equal to 87.69 MPa. For the greatest deflection occurs in loading freight cars variation 4 with a deflection of 0.53 mm. So when compared with the allowable stress and allowable deflection as regulations of BKI which each amounted to 150 MPa and 30.5 mm, portable ramp structure is qualified safe.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Budianto
Dosen Pembimbing 2 : Fipka Bisono

Program Studi : D4 - TEKNIK DESAIN DAN MANUFAKTUR
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.