RANCANG BANGUN GENERATOR LISTRIK TENAGA KINETIK PADA SEPEDA SEBAGAI SUMBER LISTRIK ALTERNATIF

Desigb of kinetic energy electricity generator on the bicycle as an alternative electricity source

Gusti Duta (6612040006)


Abstrak

Semakij tingginya kebutuhan listrik di Indonesia mengakibatkan krisis energi listrik yang terjadi pada jangka panjang. Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi krisis energi listrik yaitu membuat PLTU dan PLTA yang membutuhkan biaya yang sangat besar. Oleh karena itu dapat dilakukan juga yaitu memanfaatkan energi alternatif. Salah satu inovasi energi alternatif yaitu energi kinetik saat mengayuh sepeda. Sistem kerja pembangkit listrik tenaga kinetik pada sepeda yaitu. Sepeda dikayuh. Mengakibatksn roda berputar dihubungkan ke generator kemudian energi disimpan pada baterai melalui charger controller.


Abstract

The increase of electricity needs in Indonesia will cause electricity crisis issue in a long period. One of goverment's effort to take control of this electricity crisis issue is by taking PLTA and PLTU.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Catur Rakhmad Handoko
Dosen Pembimbing 2 : Budianto

Program Studi : D4 - TEKNIK DESAIN DAN MANUFAKTUR
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.