PENGARUH METODE HAND LAY UP DAN VACUUM INFUSION TERHADAP SIFAT MEKANIK MATERIAL FIBERGLASS RAINFORCED PLASTIC ( FRP ) PADA PEMBUATAN KAPAL PATROLI BEA CUKAI

THE EFFECTS OF HAND LAY UP AND VACUUM INFUSION METHOD TO MECHANICAL CHARACTERISTIC OF FIBERGLASS RAINFORCED PLASTIC ( FRP ) ON CUSTOMS PATROL BOAT PRODUCTION

Hafez Haris Ariya Suyadi (6611040042)


Abstrak

Kapal merupakan salah satu alat angkut yang dirancang khusus sebagai alat transportasi diatas air. Metode pembangunan kapal fiberglass bermacam macam, yang paling umum digunakan adalah metode hand lay up dan vacuum infusion. Pada penelitian ini membandingkan kedua metode tersebut guna mendapatkan metode yang lebih efisien dari kebutuhan waktu, material, dan sifat mekaniknya. Setiap metode pada penelitian ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu : keel, bottom dan side. Yang membedakan ketiga bagian tersebut adalah jumlah lapisan chopped strand matt dan woven roving. Pada keel berjumlah 12 lapis, bottom 9 lapis dan side 9 lapis. Pada saat pembuatan spesimen uji dihitung kebutuhan waktu dan material dengan luasan material yang sama. Setelah dibuatnya spesimen uji, kemudian dilakukan uji tarik dan uji bending untuk mengetahui metode mana yang memiliki sifat mekanik lebih baik. Pada nilai rata-rata pada uji tarik sebesar 2463,28 kg/cm2, sedangkan pada metode hand lay up memiliki nilai rata-rata 1644,47 kg/cm2. Sedangkan nilai ratarata uji lentur/bending metode vacuum infusion adalah 3007,58 kg/cm2 untuk hand lay up adalah 2583 kg/cm2 . Dari kebutuhan waktu, vacuum infusion lebih efisien 11,11 %, hasil ini menggunkan luasan material yang sama. Dilihat dari kebutuhan material dengan metode hand lay up membutuhkan resin 6,3 kg dan katalis 63 cc, metode vacuum infusion membutuhkan resin 3 kg dan katalis 15 cc, hasil ini dengan luasan yang sama. Sehingga dengan menggunakan metode vacuum untuk kebutuhan material dapat mengefisiensi 64,285 % dibandingkan hand lay up. Maka dapat dismpulkan metode vcuum infusion lebih efisien dari segi kebutuhan waktu, kebutuhan material dan sifat mekanik. Kata kunci : fiberglass, hand lay up, vacuum infusion, keel, bottom, side, chopped strand matt dan woven roving, bending


Abstract

Vessel is one of the transportation models that is designed specifically to operate on water. Fiberglass boat construction methods are widely vary, the most commonly used methods are hand lay-up and vacuum infusion. In this study, by comparing the two methods in order to get a more efficiency time aspect, materials, and mechanical properties. Each method in this study is divided into three parts: keel, bottom, and side. What distinguishes the third part is the number of layers of chopped strand matt and woven roving. On keel amounted to 12 layers, bottom layers 9 and side 9 layers. At the time of specimens manufacturing, calculation of time and material with the same material is conducted. After specimens had been made, then tensile test and bending test to determine which method has better mechanical properties are conducted. In the average value of the tensile test of 2463.28 kg / cm2, while the hand lay-up method has an average value of 1644.47 kg / cm2. While the average value of bending test of vacuum infusion method is 3007.58 kg / cm2 for and for hand lay up is 2583 kg / cm2. in the time aspect, vacuum infusion is 11.11%more efficient , this result is based on using the same material. Viewed from material requirements with hand lay-up method requires 6.3 kg of resin and catalyst 63 cc, vacuum infusion method requires 3 kg of resin and catalyst 15 cc, this results in the same area. Therefore, by using a vacuum method for the material needs can mengefisiensi 64.285% compared to the hand lay up. It can dismpulkan vcuum infusion method is more efficient in terms of time requirements, material requirements and mechanical properties. Keywords : fiberglass, hand lay up, vacuum infusion, keel, bottom, side, chopped strand matt dan woven roving, bending


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Gaguk Suhardjito
Dosen Pembimbing 2 : Rizal Indrawan

Program Studi : D4 - TEKNIK DESAIN DAN MANUFAKTUR
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.