PENERAPAN DAUR ULANG ALUMINIUM DENGAN VARIASI PENAMBAHAN TEMBAGA UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KEKERASAN PADA CLUTCH HOUSING

THE APPLICATION OF ALUMINIUM RECYCLE WITH VARIATION OF COPPER ADDITION TO KNOW THE LEVEL OF HARDNESS IN CLUTCH HOUSING

Aprilia Winda Pratiwi (6611040020)


Abstrak

Dunia otomotif semakin berkembang pesat di Indonesia. Salah satunya yaitu pasar penjualan sepeda motor yang mengalami kenaikan sebesar 4,6% pada tahun 2014. Adanya kenaikan penjualan ini berdampak pada permintaan produksi sparepart sepeda motor, seperti clutch housing. Clutch housing (rumah kopling) merupakan bagian utama pada kopling yang berfungsi untuk menutupi seluruh komponen kopling dan mekanisme penggerak. Clutch housing terbuat dari aluminium alloy. Logam aluminium secara komersial dapat diperoleh dalam keadaan murni hingga 99,9% atau 99%. Aluminium termasuk salah satu logam yang paling banyak digunakan pada setiap tahunnya. Sehingga hal ini dapat menghasilkan limbah yang semakin banyak pula. Oleh karena itu, untuk mengatasinya diperlukan daur ulang (recycle) dari limbah aluminium. Cara yang tepat untuk mendaur ulang aluminium yaitu dengan proses peleburan kembali (remelting). Dalam tugas akhir ini, proses remelting dilakukan dengan cara sand casting. Selama proses remelting, logam aluminium akan ditambahkan dengan komposisi tembaga secara bervariasi agar dapat meningkatkan sifat mekanik material yaitu nilai kekerasan. Hasil dari penelitian tugas akhir ini dapat disimpulkan bahwa adanya penambahan tembaga dapat berpengaruh terhadap nilai kekerasan daur ulang aluminium sebab terjadi mekanisme penguatan solid solution dan adanya fasa kedua CuAl2. Hal ini ditunjukkan pada penambahan 4,032% tembaga, menghasilkan nilai kekerasan 98,9 BHN. Sedangkan pada penambahan 5,050% tembaga, nilai kekerasannya adalah 113,7 BHN. Kata kunci : daur ulang aluminium dengan variasi penambahan tembaga, sand casting, clutch housing, kekerasan material.


Abstract

The automotive world is growing rapidly in Indonesia. One of them is market of motorcycle that increased 4,6% in 2014. The increase can impact to demand for the production of motorcycle spare parts, such as clutch housing. Clutch housing is main part of the coupling that serves to cover all components of the clutch and drive mechanisms. Clutch housing is made of aluminium alloy. Commercial aluminium metal can be obtained in a pure state up to 99,9% or 99%. Aluminium is one of the most widely used metal in each year. So that it can produce the more waste. Therefore, to overcome the problem need recycle of aluminium waste. The method to aluminium recycle is remelting. In this final project, the remelting process use a sand casting. During the remelting process, aluminium metal will be added with copper to improve the mechanical properties of hardness value. Results of this research can be concluded that the addition of copper can affect the hardness value of aluminium recycle because of solid solution strengthening mechanism and second phase CuAl2. This is shown in the addition of 4,032% copper, hardness value is 98,9 BHN. Meanwhile the addition of 5,050% copper, hardness value is 113,7 BHN. Key word : aluminium recycled with variation of copper addition, sand casting, clutch housing, hardness of material.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Irma Rustini Aju
Dosen Pembimbing 2 : Rizal Indrawan

Program Studi : D4 - TEKNIK DESAIN DAN MANUFAKTUR
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.