PERANCANGAN CATALYTIC CONVERTER MENGGUNAKAN MEDIA KARBON AKTIF TEMPURUNG KELAPA

The design of catalytic converter using coconut shell activated carbon

Yahya Suhaimi (6512040055)


Abstrak

Polusi udara pada umumnya disebabkan kendaraan bermotor, peningkatan jumlah kendaraan bermotor semakin tinggi setiap tahunnya. Pencegahan harus dilakukan supaya pengguna jalan raya tidak terpapar oleh polusi udara yang sangat tinggi ini, melalui inovasi dengan memanfaatkan karbon aktif yang di aplikasikan ke catalytic converter. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan prototype catalytic converter dalam menurunkan kadar CO, CO2, dan HC dengan variasi bahan bakar premium, pertalite, dan pertamax. Data ? data yang diperlukan sebelum penerapan catalytic converter adalah nilai konsentrasi CO, CO2, dan HC. Nilai ? nilai tersebut di peroleh dari pengujian menggunakan gas anlyzer sesuai dengan SNI 19-7118.3-1005. Pengujian dilakukan saat sebelum dan sesudah penerapan catalytic converter. Dimensi dari catalytic converter yang digunakan berbeda ? beda sesuai volume yang digunakan, untuk volume 50% memiliki panjang dua cm, volume 75% memiliki panjang 3 cm, dan untuk volume catalytic converter 100% memiliki panjang 4 cm, diameter catalytic converter 10 cm sesuai knalpot yang digunakan. Hasil pengujian sebelum penerapan catalytic converter untuk gas CO pada masing ? masing bahan bakar premium (oktan 88), pertalite (oktan 90), pertamax (oktan 92) adalah 4,827%, 3,709%, 1,236%. Sedangkan hasil pengukuran gas HC sebesar 2742,5 ppm, 2083,5 ppm, 745,5 ppm. Hasil pengujian setelah penerapan catalytic converter terjadi penurunan paling besar pada catalytic converter volume 100%. Hasil untuk gas CO sebesar 2,323%, 1,832%, 0,979%, sedangkan hasil untuk gas HC sebesar 1578,5 ppm, 841,5 ppm, 91 ppm. Rincian anggaran biaya yang dikeluarkan ada dua macam, yaitu biaya investasi dan biaya operasional. Biaya investasi dari pembuatan catalytic converter berjumlah Rp. 519.000,-, dan biaya operasional berjumlah Rp. 19.000,-. Biaya operasional tersebut adalah biaya yang harus dikeluarkan setiap penggantian media penyerap apabila media telah jenuh. Kata kunci: catalytic converter, karbon aktif , CO, HC, emisi gas buang.


Abstract

Air pollution in general caused by motor vehicle, enhancement number of motor vehicle to higher in every years. Prevention must be done so that users of highway are not exposed to by air pollution which is very high, through innovation by making use of carbon active to applied in catalytic converter. The purpose of this reasearch is analyzing the ability of prototypes catalytic converterin decrease levels of CO, CO2 dan HC with variations of fuel like premium, pertalite, and pertamax The data necesarry before aplication of catalytic converter is the concentration from CO, CO2, and HC. These values obtained from testing using gas analyzer in accordance with SNI 19-7118.3-1005. Testing conducted before application and after aplication of catalytic converter Dimensions of catalytic converter used differents in according to volume used, for volumes 50% has long 2 cm, volume 75% has long 3 cm, and for volumes catalytic converter 100% has 4 cm, the diameter of catalytic converter is 10 cm appropriate exhaust used. Result of testing before application of catalytic converter gas CO in eachs fuel, premium (octane 88), pertalite (octane 90), pertamax (octane 92) is 4,827%, 3,709%, 1,236%. While, result of gas HC is 2742,5 ppm, 2083,5 ppm, 745,5 ppm. The result of testing after the application of catalytic converter a greatest decreased gas in catalytic converter volume 100%. Result for gas CO is 2,323%, 1,832%, 0,979%, and result for gas HC is 1578,5 ppm, 841,5 ppm, 91, ppm. Details of the budget cost of two kinds, that budget of investation and budget of operational. Buget of investation from production of catalytic converter is Rp. 519.000,-, and budget of operational is Rp. 19.000,-. Operational cost is cost every replacement catalytic converter when the media has saturated or expired. Keyword: catalytic converter, carbon active, CO, HC, gas emissions.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :George Endri K
Dosen Pembimbing 2 : Denny Dermawan

Program Studi : D4 - TEKNIK KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.