Pembuatan Sistem Informasi Pendukung Pelaksanaan Checklist K3 pada Diesel Engine Generator Set di PT.Telkom Indonesia

Information System for Checklist Diesel Engine Generator Set at PT. Telkom Indonesia

Gigih Prila Aditama (6512040050)


Abstrak

PT. Telekomunikasi Indonesia atau biasa disebut dengan Telkom adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Salah satu upaya PT. Telkom Indonesia untuk memelihara dan melaksanakan prosedur K3 di perusahaan maka dibentuklah Keputusan Direksi Perusahaan Perseroan (PERSERO) PT. Telkom Indonesia, Nomor: KD 51/TK.410/UTA-00/2004 Tentang Petunjuk Teknis Pengoprasian dan Pemeliharaan Perangkat Energi. Dalam penerapan Keputusan Direksi tersebut, PT. Telkom Indonesia sudah melakukan prosedur Checklist maintanance peralatan namun masih banyak sekali kelemahan, diantaranya seperti petugas Inspeksi dapat memanipulasi hasil Checklist, pelaksanaan Inspeksi tidak efisien waktu dan pemborosan kertas sehingga tidak produktif. Untuk mempermudah pelaksanaan maintanance maka dilakukan pembuatan Sistem Informasi pendukung Checklist pada Genset PT. Telkom Indonesia yang nantinya bertujuan untuk membantu para Inspektor dalam pengerjaan Inspeksi. Pembuatan database menggunakan SQL yang dihubungkan melalui XAMPP serta Notepad digunakan untuk membuat interface halaman aplikasi. Hasil perancangan ini didapat, bahwa masing-masing checklist mempunyai interval pemeriksaan yang berbeda-beda. Interval pemeriksaan terdiri dari checklist harian, mingguan dan bulanan, enam bulan dan tahunan. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa seluruh proses dapat berjalan dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa Sistem Informasi pendukung Checklist pada Genset PT. Telkom Indonesia sangat layak digunakan untuk perusahaan. Kata Kunci : Checklist, Generator Set, Sistem Informasi


Abstract

PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) commonly called Telkom Indonesia is a company of information and communication as well as service providers and telecommunications network is complete in Indonesia. One effort PT. Telkom Indonesia to maintain and implement procedures K3 in the company will be established Decision of the Board Company (Persero) PT. Telkom Indonesia, Number: KD 51 / TK.410 / UTA-00/2004 Regarding Guidance Operation and Maintenance Energy Devices. In the application of Directors' resolution, PT. Telkom Indonesia is already doing maintanance equipment checklist procedures but still a lot of weaknesses, such as inspection officers can manipulate the results of the checklist Inspection inefficient implementation time and a waste of paper so unproductive. To facilitate the implementation of maintanance then be making a supporting Information System Checklist on Genset PT. Telkom Indonesia is expected to assist the inspector in the execution of inspections. Making use SQL database that is connected via XAMPP, Notepad is used to create the interface application page. This design results obtained, that each have a checklist inspection interval different. Interval inspection checklist consists of daily, weekly and monthly, six-month and yearly. From the test results it can be concluded that the entire process can run well. This shows that support Information Systems Checklist on Genset PT. Telkom Indonesia is very suitable for use in the company. Keyword : Checklist, Genertor set, Information System


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Wibowo Arnin Putranto
Dosen Pembimbing 2 : Arief Subekti

Program Studi : D4 - TEKNIK KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.