ANALISIS HUMAN RELIABILITY PADA PEKERJAAN PENGELASAN DENGAN PENDEKATAN METODE SHERPA DAN HEART (Studi Kasus : PT.X)

HUMAN RELIABILITY ANALYSIS ON THE WELDING JOB WITH APPROACH SHERPA AND HEART METHOD (Case Study : PT.X)

Rafi Berinda (6511040076)


Abstrak

ABSTRAK PT.X telah menerapkan zero accident dalam pekerjaan pengelasan, namun pada pekerjaan pengelasan masih sering terjadi kecelakaan kerja yang disebabkan oleh human error, seperti sikap kerja yang salah atau tidak menggunakan alat pelindung diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi human error yang mengakibatkan kecelakaan kerja dan menghitung probabilitas human error yang dilakukan operator las. Metode dalam penelitian ini yaitu metode SHERPA yang digunakan untuk mengidentifikasi human error yang mungkin terjadi. Output dari metode SHERPA digunakan sebagai input metode HEART. Metode HEART sendiri digunakan untuk menghitung probabilitas kegagalan operator dalam melaksanakan pekerjaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 sub task error pada las SMAW dan 14 sub task error pada las GTAW yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan kerja. Identifikasi human error untuk probabilitas high berada pada sub task 2.4 dan 2.6 yaitu operator tidak menggunakan alat pelindung diri yang telah disediakan perusahaan. Task yang memiliki HEP terbesar pada las SMAW dan las GTAW ada pada sub task 2.4 dalam proses penggunaan alat pelindung diri yaitu sebesar 0,5803. HEP terendah ada pada sub task 3.2 dalam proses pengecekan peralatan las dan kelengkapannya yaitu sebesar 0,0109. Hasil perhitungan keandalan total (Rm) menunjukkan bahwa keandalan pekerja dalam melaksanakan work instruction tergolong masih rendah karena nilai Rm las SMAW yaitu sebesar 0,017825 dan las GTAW sebesar 0,008347 lebih kecil dari 0,5. Upaya pengurangan nilai probabilitas error pada pekerjaan las di PT.X, maka dapat diberi rekomendasi untuk mengurangi nilai probabilitas error melalui pembaharuan work instruction yang lebih detail, pelatihan pekerja dan manajemen alat pelindung diri. Kata Kunci : HEART, Human Error, SHERPA


Abstract

ABSTRACT PT.X has implemented a zero accident in welding job, but the the welding job is still common workplace accidents that caused by human error, such as work attitude is wrong or do not use personal protective equipment. This study aims to identify the human error that may cause accidents and calculate the probability of human error that conducted by welding operator. The method in this study is SHERPA that used to identify human error which may occur. The output of the SHERPA method is used as an input in HEART method. HEART method used to calculate the probability of failure of the operator to do the job. The results of this study showed that there were 12 sub task error on welding of SMAW and 14 sub task error on welding of GTAW that become the cause of accidents. The identification of high probability of human error are on the sub task 2.4 and 2.6 that the operator does not use personal protective equipment has been provided by the company. The task which has the largest HEP on welding of SMAW and welding of GTAW is in sub task 2.4 in the process of use personal protective equipment that is equal to 0,5803. The lowest HEP in sub task 3.2 in the process of checking the welding equipment and accessories that is equal to 0,0109. The result of the calculation of total reliability (Rm) showed that the reliability of the workers in carrying out the work instruction is still low because the Rm value of welding of SMAW is equal to 0,017825 and 0,008347 for the welding of GTAW is smaller than 0,5. As part of reduction effort of value of the human error probability welding job in PT.X, it can be given a recommendation to reduce value of the error probability with renewal of work instructions is more detailed, training of workers and management of personal protective equipment. Keywords : HEART, Human Error, SHERPA


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Indri Santiasih
Dosen Pembimbing 2 : Wiediartini

Program Studi : D4 - TEKNIK KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.