Desain Sistem Informasi Pengaduan di Wilayah Kerja PT. PELINDO III Cabang Tanjung Perak Berbasis Web Responsif

Complaints Information System Design in The Region of PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak with Responsive Web-Based

Bonafasius Ade Mas Boylle (6510040088)


Abstrak

PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak (Persero), untuk selanjutnya disebut PT. Pelindo III Cabang Tanjung Perak (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam sektor perhubungan. Berdasarkan data Perusahaan, PT. Pelindo III Cabang Tanjung Perak memiliki 33 Kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) dari fakta di lapangan, ditemukan kotak yang kosong dan kelengkapan yang kurang. Sedangkan untuk APAR, PT. Pelindo III Cabang Tanjung Perak memiliki 631 buah APAR. Seperti kotak P3K, banyak ditemukan APAR yang kadaluarsa dan kosong, tidak hanya APAR dan Kotak P3K, untuk pengaduan Umum (non APAR dan Kotak P3K) juga tidak dikontrol dengan baik. Kurangnya pengawasan dikarenakan sistem pengaduan manual dengan surat yang ada di PT Pelindo III,wilayah kerja yang luas, dan hand over job yang tidak optimal, karena itu diperlukan media pengaduan yang mudah diakses dan dapat mengelola data pengaduan Penelitian ini merancang sebuah sistem informasi berbasis web responsive dengan sistem penyimpanan database berbasis MySQL dan bahasa pemrograman PHP yang menyediakan pengaduan APAR, Koatak P3K, dan pengaduan Umum. Hasil dari pengujian web ini didapatkan sebuah sistem informasi yang dapat mengelola pengaduan dan data untuk APAR, Kotak P3K dan pengaduan Umum.


Abstract

PT. Indonesia Port Corporation III Cabang Tanjung Perak hereinafter referred to PT. IPC III Cabang Tanjung Perak, is a Badan Usaha Milik Negara (BUMN) is engaged in the transportation sector. Based on data from the Company, PT. IPC III Cabang Tanjung Perak had 33 first-aid box, from the facts on the ground, empty boxes and completeness are lacking. As for the fire extinguisher, PT. IPC III Cabang Tanjung Perak has 631 pieces of fire extinguishers .Like first aid box, fire extinguisher found many outdated and empty, not only a Fire Extinguisher and First Aid Box, for other complaints (non Fire Extinguisher and First Aid Box) is also not well controlled. Lack of supervision because the manual with the letter complaint system in PT IPC III Cabang Tanjung Perak, spacious work areas, and hand over the job that is not optimal, because it is necessary media accessible complaint and can manage the data of complaints This research is to design an information system with a responsive web-based MySQL database storage system and the PHP programming language that provides a complaint Fire Extinguisher, First Aid Box, and complaints of other conditions The results obtained from this Web testing a system that can manage information and complaint data for Fire Extinguisher, First Aid Boxes and complaints of other conditions


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Wibowo Arnin Putranto
Dosen Pembimbing 2 : Mirna Apriani

Program Studi : D4 - TEKNIK KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.