ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS SIMPANG TAK BERSINYAL PADA KAWASAN PT PETROKIMIA GRESIK DENGAN TINJAUAN MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA 1997

THE ANALYSIS OF THE UNSIGNALIZED INTERSECTION TRAFFIC IN THE AREA OF PT PETROKIMIA GRESIK WITH 1997 INDONESIAN HIGHWAY CAPACITY MANUAL REVIEW

Dhanniar Oktiara Caesarrea (6510040069)


Abstrak

PT Petrokimia Gresik yang mempunyai banyak kendaraan bermuatan untuk mengangkut pupuk dan bahan kimia hasil olahan. Kondisi persimpangan Jl. Gubernur Suryo ? Jl. Tridharma bisa dikatakan padat. Karena persimpangan ini pula yang menghubungkan jalan antara pabrik I ke pabrik II, III dan pelabuhan milik PT Petrokimia Gresik. Ramainya pengguna jalan utama yang ditambah dengan tidak adanya rambu-rambu serta lampu lalu lintas yang mendukung.Sehingga menjadikan persimpangan ini padat dan tidak teratur. Arus lalu lintas yang cukup padat ini hanya dikondisikan oleh beberapa satpam dari PT Petrokimia sendiri secara manual. Proses evaluasi kinerja persimpangan Jl. Gubernur Suryo ? Jl, Tridharma dimulai dengan pengumpulan data jumlah penduduk kabupaten Gresik yang didapat dari situs resmi Badan Pusat Statistik Gresik sebagai data sekunder. Pengolahan data dan analisa data mengacu pada sebuah tinjauan yaitu Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Di dalam penghitungan dan analisa, data masukannya adalah data-data yang diperoleh dari survey langsung ke lokasi, yaitu meliputi perhitungan arus lalu lintas, volume kendaraan, data geometrik, tata lahan dan kondisi lingkungan. Hasil perhitungan analisa kinerja lalu lintas di persimpangan Jl. Gubernur Suryo ? Jl. Tridharma menggunakan tinjauan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 adalah didapatkan hasil yang buruk pada hari Selasa. Kapasitas yang dihasilkan di pendekat utara pada puncak selasa pagi adalah 4685,7 smp/jam. Untuk derajat kejenuhan tertinggi pada puncak selasa pagi adalah pendekat barat yaitu 1,152 yang dimana nilai ini melebihi ketentuan yaitu >0,75. Dan peluang antrian yang tertinggi adalah di puncak selasa pagi pada pendekat barat yaitu mencapai 59-120%. Kata kunci : Derajat kejenuhan, hari kerja efektif, hari libur (weekend), kinerja lalu lintas simpang tak bersinyal, MKJI 1997.


Abstract

PT Petrokimia Gresik that has a lot of vehicle laden to transport fertilizers and chemicals. The conditions of the street intersection at Jl. Gubernur Suryo - Jl. Tridharma it can be said as crowded . This street intersection is also connecting the road between the factory I to the factory II, III and PT Petrokimia Gresik?s harbor. The street that is crowded with the absence of traffic signs and traffic lights which are not support that make this street intersection is teem and chaotic. Flow of traffic that is dense enough, only conditioned by several security guards of PT Petrokimia Gresik manually. The process of performance evaluating of the intersection of Jl. Gubernur Suryo ? Jl. Tridharma begins with the data collection of the population number of Gresik District which is obtained from the official website of the Badan Pusat Statistik Gresik as secondary data. Data processing and analysis of the data are refers to a review of Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. On the calculation and analysis, the data input is the obtained data from the survey directly into location, which includes the calculation of the traffic flow, the traffic volume, the geometric data, land planning and environmental conditions. The results of the calculation performance analysis of traffic at the street intersection of Jl. Gubernur Suryo ? Jl. Tridharma using Highway Capacity Manual Project review (MKJI) 1997 was bad in Tuesday. Capacity generated on Monday morning at north was obtained 4685,7 smp/hour. For the highest saturation degree on Tuesday morning at west is 1,152 which is this value exceed the >0,75. And the highest of opportunities queues on Tuesday morning at west reaching 59-120%. Keywords: Saturation Degree, the effective weekdays, holiday (weekend), unsignalized traffic intersection performance, MKJI 1997.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Lukman Handoko
Dosen Pembimbing 2 : Moch Luqman Ashari

Program Studi : D4 - TEKNIK KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.