STUDI ANALISA PROTEKSI LAMBUNG KAPAL KRI.FATAHILLAH MENGGUNAKAN IMPRESSED CURRENT CATODHIC PROTECTION DI PT.DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA (PERSERO)

STUDY ANALYSIS OF PROTECTION BILGE KRI.FATAHILLAH USING IMPRESSED CURRENT PROTECTION CATODHIC IN PT.DOK AND SHIPPING SURABAYA (PERSERO)

Muhammad Rizky Kurniawan (6413030062)


Abstrak

ABSTRAK Lambung kapal memiliki peran yang sangat penting dan memiliki fungsi untuk mencegah kapal tenggelam. Lambung kapal sangat rentan terhadap gangguan yang dapat menyebabkan plat lambung terjadi korosi. Korosi pada plat dapat terjadi karna reaksi elektrokimia dan hewan laut (kerang) yang menempel pada lapisan coating yang dapat merusak lapisan plat. Sistem proteksi katodik yang digunakan oleh kapal KRI.Fatahillah yang melakukan perbaikan di PT.Dok dan Perkapalan Surabaya (PERSERO) ini menggunakan impressed current catodhic protection. Tugas akhir ini dibuat untuk mengetahui sistem kerja dan jumlah anoda yang terpasang. Metode proteksi ini menggunakan sumber daya dari luar sistim tersebut. Sistem ICCP membutuhkan sumber listrik DC. Listrik DC didapatkan dari sumber tegangan 440 VAC yang masuk ke rectifier yang menggunakan tyristor berjenis SCR (Silicon Controlled Rectifier) sebagai penyearahnya, sehingga dapat menghasilkan tegangan 24VDC. Melalui elliptical anodes tegangan listrik DC disalurkan ke bagian lambung kapal untuk mencegah atau menghambat laju korosi. Perhitungan arus proteksi dan penentuan jumlah anoda yang terpasang mengacu berdasarkan DNV-RP-B401. Dari hasil analisa penulisan tugas akhir ini menggunakan metode ICCP, data existing sistem impressed current cathodic protection pada KRI.Fatahillah menggunakan 4 buah anoda. Dari perhitungan yang telah dilakukan, diketahui kebutuhan arus proteksi sebesar (0,105 ? 0,422)A dan menghasilkan jumlah anoda sebesar 5,18 buah untuk desain penggunaan sampai 4 tahun. Jadi, pemasangan anoda pada KRI.Fatahillah untuk didesain selama 4 tahun penggunaan.. Kata kunci : lambung kapal, impressed current catodhic protection, rectifier, tyrystor, elliptical anodes,coating.


Abstract

ABSTRACT The hull has a very important role and has a function to prevent the ship from sinking. The hull is very susceptible to interference that can cause corrosion hull plate. Corrosion on the plate can occur because the electrochemical reaction and marine animals (shells) attached thelayer tocoating which can damage the lining plate. Cathodic protection systems used by ships KRI.Fatahillah that do repairs in PT.Dok and Shipping Surabaya (Persero) is using catodhic impressed current protection. The final task is made to determine the working system and the number of anode installed. This protection method using resources from outside the system. ICCP systems require a DC power source. DC power is obtained from the voltage source 440 VAC entering into rectifier using thyristors manifold SCR (Silicon Controlled Rectifier) as penyearahnya, so as to generate a voltage 24VDC. Through elliptical anodes voltage DC power supplied to the hull to prevent or inhibit the corrosion rate. Protection current calculation and determination of the number referring to the anode installed by DNV-RP-B401. From the analysis of this thesis using ICCP, the data existing system impressed current cathodic protection on KRI.Fatahillah using 4 pieces of anode. From the calculations have been done, know the needs of current protection (.105-.422) A and produces anode amount of 5.18 pieces for the design of the use of up to 4 years. Thus, the installation of the anode in KRI.Fatahillah to be designed for 4 years of use .. Keywords: hull, catodhic impressed currentprotection, rectifier, tyrystor, elliptical anodes, coatings.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Rona Riantini
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK KELISTRIKAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.