ANALISIS SISTEM AUTOPILOT DAN TROUBLESHOOTING YANG TERJADI PADA KAPAL PERANG STRATEGIC SEALIFT VESSEL (SSV) 601

ANALYSIS AUTOPILOT SYSTEM AND TROUBLESHOOTING REPRESENTED IN SHIP STRATEGIC SEALIFT VESSEL (SSV) 601

Rahmad Rianto (6413030037)


Abstrak

ANALISA SISTEM AUTOPILOT DAN TROUBLESHOTTING YANG TERJADI PADA KAPAL PERANG STRATEGIC SEALIFT VESSEL (SSV) 601 Nama Mahasiswa : Rahmad Rianto NRP : 6413030037 Calon Dosen Pembimbing : M. Basuki Rahmat, S.T. , M.T. ABSTRAK PT. Palka Sarana Utama merupakan perusahaan yang bergerak dibidang navigasi dan komunikasi kapal laut. PT. Palka merupakan salah satu authorized dealer resmi Furuno di Indonesia. Perusahaan ini bergerak dibidang pendistribusian di galangan kapal, pihak galangan mempunyai teknisi sendiri untuk pemasangan. dan perbaikan peralatan navigasi. Autopilot merupakan sistem kendali kapal otomatis yang menggerakkan kapal dengan tujuan yang di inginkan sehingga mempermudah kerja seorang kemudi kapal. Sistem autopilot bekerja membaca input yang diinterface melalui operator autopilot sendiri lewat komunikasi serial autopilot RS232 atau RS422 bisa juga melalui alarm status interface kemudian diolah melalui sistem CAN bus distribution setelah itu dikirim ke FU amplifier untuk menggerakkan steering gear rudder untuk haluan kapal. Metode yang digunakan dalam tugas akhir dengan studi literature, pengamatan objek, observasi, dan sea trial. Analisis ini menunjukkan bahwa autopilot memerlukan peranan dari peralatan navigasi lainnya seperti gyrocompas, speed log, dan GPS. Dalam pengoprasian autopilot harus mengikuti prosedur menurut manual book yang diberikan. Pada autopilot type NP 5000 yang terpasang di kapal strategic sealift vessel 601 terdapat permasalahan yang diakibatkan oleh beberapa faktor. Faktor yang mempengaruhi autopilot NP 5000 adalah faktor alam dan faktor mekanik terutama pada rudder feedback yang tidak tepat pada posisi 0, untuk mengatasinya perlu dilakukan pengaturan ulang pada unit rudder feedback dan resistansi pada rudder feedback yang diinginkan sebesar 2500 ?. Faktor alam di pengaruhi oleh ombak yang tinggi dan kecepatan angin di tengah laut. Kata kunci : Autopilot, operator autopilot, kendala autopilot, rudder feedback


Abstract

ANALYSIS AUTOPILOT SYSTEM AND TROUBLESHOOTING REPRESENTED IN SHIP STRATEGIC SEALIFT VESSEL (SSV) 601 Name : Rahmad Rianto NRP : 6413030037 Supervisor : M. Basuki Rahmat, S.T. , M.T. ABTRACT PT. Palka Sarana Utama is a company engaged in the marine navigation and communication. PT. Palka is one authorizedd Furuno authorized dealer in Indonesia. The company is engaged in distribution in the shipyard, the shipyard has its own technicians for installation. And repair of navigation equipment. In fact, the experience troble navigation equipment due to improper wiring or assembly is not the same as the catalog that is owned by PT. Palka one autopilot steering control equipment. Autopilot is an system that control ship movement automation. Autopilot best on read data interface from operator autopilot by autopilot RS232 or RS422 serial communication can by alarm state interface and than process by CAN Bus distribution system and sent to FU amplifier for control steering gear rudder movement. The metode use to finish final project by study literature, object observation and sea trial. From the analisis show that autopilot system need another navigation toll like gyrocompas, speed log, and GPS. To operate autopilot system must be follow the manual book. Autopilot type NP 5000 that used in naval strategic sealift vessel 601 have problem from many kind factor. The factor that influenze autopilot NP 5000 work is from the nature and mechanical human error. The solution for the problem is reset rudder feedback. Keywords: Autopilot, Operator autopilot, Autopilot constraints, Rudder feedback


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Mohammad Basuki Rahmat
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK KELISTRIKAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.