PERENCANAAN SISTEM KONTROL PROTEKSI PADA KATUP DAN POMPA FD.LUMBA-LUMBA MARINA DI PT. INDONESIA MARINA SHIPYARD

DESIGN OF SYSTEM CONTROL VALVE AND PUMP PROTECTION FD.LUMBA-LUMBA MARINA IN PT . INDONESIA MARINA SHIPYARD

Faizal Amsyari (6412030058)


Abstrak

ABSTRAK Dok merupakan sarana utama dalam perbaikan kapal. Jenis dok juga bermacam-macam, salah satunya adalah dok apung (floating dock). Dok apung terdiri dari ponton-ponton yang dapat terapung dan tenggelam di air. Komponen utama untuk pengoperasiannya adalah katup dan pompa. Katup mengatur aliran air yang keluar masuk ponton. Pada saat proses pengosongan ponton, katup pembagi tidak otomatis menutup saat air di dalam ponton sudah habis. Penutupan katup dilakukan oleh operator dok. Dan apabila pompa menyala saat katup-katup dalam kondisi tertutup, motor pompa akan mengalami overload dan akhirnya kumparan motor terbakar. Untuk mengatasi masalah tersebut Tugas Akhir ini merencanakan sistem kontrol proteksi pada katup dan pompa untuk mencegah kerusakan apabila terjadi kesalahan pengoperasian. Kontrol ini bekerja dengan cara mendeteksi aliran air menggunakan flow switch. Dengan adanya kontrol proteksi, katup pembagi dapat menutup otomatis apabila air di dalam ponton sudah habis. Sedangkan apabila pompa menyala saat katup tertutup, setelah beberapa detik pompa otomatis mati. Karena tekanan air di dalam pipa yang terlalu tinggi dapat merusak katup dan juga pompa. Setelah dilakukan pengujian simulasi rangkaian dengan software fluidSIM, kontrol proteksi katup dan pompa dapat bekerja baik dengan tingkat keberhasilan 100%. Dengan perincian 2 masalah pada kontrol manual dapat diatasi dengan 2 solusi pada kontrol proteksi otomatis. Kata kunci : kontrol proteksi, katup, pompa, fluidSIM.


Abstract

ABSTRACT Dock is the primary means to repair the ship . Type docks are also different kinds , one of which is a floating dock . floating dock consists of a pontoon-pontoon that can floating and sinks in water . The main components for operation are valves and pumps. Valve regulating water flow in and out of the pontoon . During the process of emptying the pontoon , a valve don't automatically closes when the water in the pontoons have been exhausted. Closure of the valve is done by dock operator . And when the pump turns on when the valves in a closed condition , the pump motor will overload and eventually burned the motor coil . To overcome such problems, on this final project designed control of system protection on valves and pumps to prevent damage in the event of operating errors . This control works by detecting the flow of water using a flow switch. With the protection control divider valve can be close automatically when the water in the pontoons have been exhausted. Whereas if the pump turns on when the valve is closed , after few seconds the pump automatically turns off. Because the water pressure in the pipes that are too high can damage valves and pumps as well . After testing the circuit simulation with software fluidSIM , this control can work well with a success rate of 100 % . With details 2 problems on the manual control can be overcome by 2 solution on automatic protection control . Keywords : protection controls, valves, pumps, fluidSIM.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Rona Riantini
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK KELISTRIKAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.