ANALISIS PEMASANGAN ECHOSOUNDER PADA KAPAL TANKER PANGKALAN BRANDAN 17.500 LTDW BERDASARKAN PANDUAN NAVIGATION ELECTRICAL EQUIPMENT MES ( MITSUI ENGINEER DAN SHIPBUILDING ) JEPANG 1988

ANALYSIS OF THE ECHOSOUNDER INSTALLATION ON TANKER 17.500 LTDW WITH REFERENCE TO THE GUIDE NAVIGATION EQUIPMENT MES (MITSUI ENGINEERING AND SHIPBUILDING) JAPAN 1988

Evi Sulistiana Sari Dewi (6412030037)


Abstrak

ABSTRAK Dalam dunia maritim sistem keselamatan pelayaran merupakan hal yang utama. Salah satu dari sistem keselamatan tersebut adalah sistem navigasi komunikasi, dimana sistem navigasi merupakan penunjang keselamatan yang tersusun akan beberapa alat yang saling terintegrasi dengan fungsi berbeda. Salah satunya adalah echosounder yang berfungsi untuk menentukan kedalaman laut yang harus terpantau dalam suatu pelayaran untuk memastikan jalur dapat dilalui sesuai dengan ketentuan garis air kapal, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya karam. Metode yang digunakan dalam penyelesaian tugas akhir ini yaitu dengan melakukan pengamatan secara langsung pada Kapal Tanker Pangkalan Brandan 17.500 LTDW sebagai objek analisa. Serta melakukan studi literature untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan melalui studi internet, jurnal ilmiah, buku maupun wawancara dengan pihak perusahaan. Pengambilan beberapa data pendukung juga dilakukan sebagai perbandingan berdasarkan panduan yang digunakan dengan pemasangan pada Kapal. Pada tugas akhir ini menganalisa pemasangan echosounder pada kapal tanker Pangkalan Brandan 17.500 LTDW dengan mengacu pada panduan Navigation Electrical Equipment MES ( Mitsui Engineering dan Shipbuilding ) Jepang 1988. Penempatan echosounder pada Kapal Tanker Pangkalan Brandan adalah pada jarak 5.175 meter dari buritan. Penempatan tidak pada area pengaruh Speed Log serta untuk penempatan matching box sudah melebihi garis air kapal. Pada pemasangan tersebut memenuhi persayaratan penempatan yang baik menurut standar. Kata Kunci : Sistem Navigasi, Echosounder, Tanker


Abstract

ABSTRACT In the world of maritime shipping safety system is the main thing. One of the safety system is a system of navigation communication, in which navigation system supporting safety is composed of several interrelated tools will be integrated with different functions. One of them is a functioning echosounder to determine the depth of the sea should be tracked in a cruise line promptly to ensure compliance with the provisions of the water line of the ship, this reducing the possibility of drowning. The method used in the completion of this final task is to conduct direct observations at Pangkalan Brandan Tankers 17,500 LTDW as an object of analysis. Literature and conduct studies to obtain the needed information through internet studies, scientific journals, books and interviews with the company. Making some of the supporting data is also performed as a comparison based on guidelines used by the installation of the Ship. In this thesis analyzes the installation of echosounder on tankers Pangkalan Brandan 17,500 LTDW with reference to the guide Navigation Equipment MES (Mitsui Engineering and Shipbuilding) Japan 1988. Placement echosounder at Pangkalan Brandan Tankers is at a distance of 5,175 meters from the stern. Placement is not in the area of influence of the Speed Log and placement matching box has exceeded the waterline of the ship. At the installation meets the requirement by the standards of a good placement. Keywords : Navigation System, Echosounder, Tanker


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Lilik Subiyanto
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK KELISTRIKAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.