PERANCANGAN POWER MANAGEMENT SYSTEM (PMS) PADA KAPAL TANKER 3.500 LTDW

DESIGN OF POWER MANAGEMENT SYSTEM IN TANKERS 3.500 LTDW

Agus Pamuji (6412030033)


Abstrak

ABSTRAK Bagian dari sistem kelistrikan kapal yang berfungsi sebagai pengatur daya listrik disebut dengan Power Management System. Salah satu tindakan dari Power Management Sistem adalah menentukan jumlah dan kapan generator beroperasi. Paralel generator dapat diartikan menggabungkan dua buah generator atau lebih dan kemudian di operasikan secara bersama ? sama guna memenuhi kebutuhan daya atau untuk menjaga kontinuitas. Dalam proses paralel generator dikapal seringkali mengalami kegagalan yang kemudian berimbas pada umur dari perangkat kelistrikan. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan penambahan rangkaian yang berfungsi sebagai proteksi sekaligus sebagai pengatur kapan generator beroperasi. Perancangan sistem otomasi tersebut dimulai dari mengetahui beban-beban pada kapal yang kemudian dilakukan penggolongan beban sesuai dengan waktu penggunaannya. Selanjutnya dilakukan perancangan rangkaian kontrol paralel generator menggunakan modul sinkronisasi FAS-113DG yang kemudian disimulasikan menggunakan software Festo Fluid Simulation untuk mengetahui cara kerja rangkaian. Diharapkan dari penelitian Tugas Akhir yang telah dilakukan dapat membantu perancangan sistem otomasi dikapal tanker 3.500 LTDW dan penyebab kerusakan pada komponen listrik dari kegagalan paralel generator dapat diminimalkan. Dari perancangan sistem paralel generator yang telah dilakukan, setiap start dan stop generator maupun breaker memiliki waktu tunda 10 detik. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan kesalahan pada sistem.


Abstract

ABSTRACT Part of the ship's electrical system that functions as a regulator of electrical power management system called Power. One of the actions of the power management system is to determine the amount and when the generator operates. Parallel generator means combining two or more generators and then be operated together - together to meet the power needs or to maintain continuity. In a parallel process often fails on board generator which then impact on the lifespan of electrical devices. Those problems can be overcome with the addition of a series that serves as protection as well as a regulator when the generator operates. The automation system design starts from knowing the loads on ships then carried the load classification according to the time of use. Furthermore, the design of the control circuit of parallel generator using the FAS-113DG synchronization modules are then simulated using Festo Fluid Simulation software to find out how the circuit. Final Project is expected from the research that has been done to help design automation systems on board tanker 3.500 LTDW and cause damage to the electrical components of the parallel failure of the generator can be minimized. Generator of parallel system design has been done, every start and stop the generator and breaker has a 10-second delay. This is done to minimize errors in the system.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Achmad Syahid
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK KELISTRIKAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.