ANALISIS GANGGUAN AUTOMATIC CHARGE & DISCHARGE BATTERY PADA KMP. PORTLINK VII

ANALYSIS OF DISTURBANCE AUTOMATIC CHARGE

Dian Kartika Sari (6412030008)


Abstrak

ABSTRAK Energi listrik merupakan sumber energi utama yang dibutuhkan dalam industri perkapalan terutama untuk operasioal kapal. Tanpa energi listrik kapal tidak akan beroperasi. Salah satu jenis kapal yang membutuhkan energi listrik untuk menjaga kelancaran berlayar adalah KMP. Portlink VII. Suplai listrik di kapal KMP. Portlink VII didapat dari generator dan baterai, pada umumnya generator digunakan untuk menyuplai sumber AC (Alternating Current) sedangkan Baterey charger digunakan untuk merubah sumber AC menjadi sumber DC (Direct Current) dan Baterai / aki sebagai wadah penyimpanan sumber DC. Pada awalnya KMP. Portlink VII memakai charger A (charger lama) sebagai alat pengisian untuk baterai, dikarenakan beberapa komponen pada charger A mengalami kerusakan sehingga charger A tidak berfungsi. Perbaikan / penyelesaian yang dilakukan adalah memodifikasi dari charger bentuk lama, yaitu dengan penggantian dan penambahan komponen tetapi tetap memiliki prinsip kerja yang sama. Oleh karena itu charger yang telah dilakukan perbaikan disebut charger B. Charger A dan charger B memiliki efisiensi daya yang berbeda, charger A memiliki efisiensi daya 58,3 % sedangkan untuk charger B 23,2 %. Artinya daya yang terpasang pada charger A sudah dalam keadaan normal, sedangkan pada charger B daya yang terpasang masih rendah. Sehingga pada charger B masih bisa ditambahkan beban DC dengan daya terpakai tidak melebihi 75 % daya terpasang. Kata kunci : battery charger, efisiensi daya.


Abstract

ABSTRACT Electrical energy is the primary source of energy needed in the shipping industry especially for operasioal the ship. Without the energy of electric ship will not operate. One of the types of ships that require electrical energy to maintain smooth sailing is the KMP. Portlink VII. The supply of electricity on the ship KMP. Portlink VII obtained from generators and batteries, in general the generator is used to supply a source of AC (Alternating Current) while the Baterey charger is used to change the AC source a source DC (Direct Current) and the battery / accu as storage containers for the DC source. At first the KMP. Portlink VII wearing charger A (the old charger) as a means of charging for the battery, because some components on charger A destruction so that the charger charger with no function. Repair / settlement does is modify from the old form charger with the replacement and addition of a component but still have the same working principles. Therefore the charger has done repair called charger B. Charger A and charger B has different power efficiency, charger A have power efficiency 58,3% while for charger B 23.2%. It means the power plugged in charger with already normal, while on the charger B power installed is still low. So on the charger B can still be added to a load of DC power used does not exceed 75% of installed power. Keywords: battery charger, power efficiency.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Rini Indarti
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK KELISTRIKAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.