ANALISA PERUBAHAN NILAI BEBAN TERHADAP KEBUTUHAN GENERATOR SET DI TERMINAL 2 BANDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA

COST ANALYSIS OF CHANGES TO THE NEEDS OF VALUE GENERATOR SET TERMINAL 2 Surabaya Juanda International Airport

Aldika Adi Satriya (6411030064)


Abstrak

Terminal 2 Bandara Juanda milik PT. Angkasa Pura I (PERSERO) menggunakan 4 unit generator sebagai suplai cadangan dan menggunakan PLN sebagai suplai utama. Apabila terjadi pemadaman pada suplai utama, maka generator akan bekerja untuk menyuplai beban. Pada beban puncak hanya memerlukan 2 unit generator. Hal tersebut menunjukkan suplai daya ke beban kurang efektif dikarenakan suplai daya ke beban terlalu berlebihan. Untuk mengatasi hal tersebut maka penelitian ini mencoba mengusulkan solusi sistem backup catu daya di Terminal 2 serta perhitungan nilai daya beban terpakai selama satu minggu. Dari hasil perhitungan tersebut dapat dianalisa kinerja paralel generator saat terjadi pemadaman pada suplai utama diwaktu beban minimum sampai beban puncak. Hasil yang diharapkan agar suplai daya ke beban lebih efektif yaitu dengan menggunakan 3 unit generator sebagai backup catu daya dan 1 unit generator digunakan sebagai cadangan. Selain itu juga pengunaan bahan bakar pada mesin generator menjadi lebih hemat. Kata Kunci : Genset (Generator Set), Transformator, Generator Paralel (Sinkronisasi), Perubahan Nilai Beban.


Abstract

Juanda International Airport?s Terminal 2 owned by PT. Angkasa Pura I (PERSERO) using 4 unit generators as a backup supply and PLN was used as the main supply. In the event of a blackout on the main supply, then the generator will work to supply the load. At peak loads requires only 2 unit generators. This indicates the power supply to the load less effective because the supply of power to load too much. To solve the problem then this research try proposed solutions backup power supply system in Terminal 2 and calcultion of the value of the load power used for one week. From the results of these calcultions can be analyzed the performance of parallel generator in the event of a blackout on the main supply at minimum load to peak load. The results are expected to supply power to the load more affectively by using 3 units of generators as a backup power supply and 1 unit generator is used as a backup. In addtion, use of fuel on the engine generator being more efficient. Keywords : The generator (Generator Sets), Transformator, Generators in parallel (Synchronization), Change the value of the load.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Hasanuddin
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK KELISTRIKAN KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.