DESAIN SISTEM KONTROL TANK CLEANING KAPAL MT. PAGERUNGAN BERBASIS PLC

Design of Tank Cleaning Control Systems of MT. Pagerungan on PLC based

Susilo Hadi Kusuma (6411030048)


Abstrak

Kapal MT. Pagerungan merupakan kapal tanker type Product oil carriers dengan muatan premium, biosolar dan pertamax. Apabila kapal melakukan pergantian jenis minyak maka tangki cargo perlu dilakukan proses pembersihan tangki (tank cleaning). Dalam proses pembersihan tangki cargo, kapal ini masih menggunakan sistem konvensional. Perancangan yang dilakukan pada Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat sistem kontrol dari proses pembilasan air laut, proses pengisapan limbah, proses pemindahan limbah dan proses pembuangan limbah. Semua operasional sistem dari pengaturan aliran air laut yang masuk menuju tangki cargo melalui jaringan pipa dengan mengaktifkan solenoid valve, mengaktifkan pompa dan mengaktifkan sensor level dilakukan dengan menggunakan sistem kotrol PLC (Programmable Logic Controller). Metode yang digunakan pada Tugas Akhir ini yaitu dengan membandingkan hasil waktu dan crew kapal yang bekerja dengan menggunakan sistem manual dan sistem kontrol PLC. Perbandingan dilakukan dengan mengetahui lama waktu yang dibutuhkan selama proses tank cleaning kapal dan jumlah crew kapal yang bekerja untuk setiap operasional. Dengan menggunakan sistem kontrol PLC didapatkan efisiensi untuk waktu operasional dan jumlah crew kapal yang bekerja. Untuk 1 kali operasional membutuhkan waktu ? 111,5 menit, lebih cepat 8,5 menit dari sistem manual. Untuk jumlah operator yang bekerja, dengan menggunakan PLC semua operasional dapat dilakukan oleh 2 orang operator dan pada sistem manual membutuhkan 4 orang yaitu 2 orang operator dan 2 orang turun kelapangan. Kata kunci : PLC, Sensor Level, Solenoid valve


Abstract

MT. Pagerungan is a product oil tanker carriers type with cargo of premium, biodiesel and pertamax. if the cargo ships will be replaced with other oils, it?s requires the tank cleaning process. In the process of cargo cleaning tank, the ships still use the conventional system. The final project aims to create a control system of sea water rinsing process, suction process, transfer process and discharge process. All operational systems to regulate the flow of sea water entering to the cargo tank through pipelines by activating the pump, solenoid valve and level sensor its use PLC control system (Programmable Logic Control) The final project using method with compares the results of the time and the ship?s crew were works by manual system and PLC control system. comparison aims to determine the length of time it takes for the tank cleaning process and crew members were work for each operational. By using PLC control system can be obtained operational efficiency for time and crew member were work. For one-time operational its takes ? 111.5 minutes, 8.5 minutes more faster than using manual system. for the crew member are working, all operations can be performed by 2 operators and for manual system requires 4 people: 2 operators and 2 people worked on the field. Keywords : PLC, Level Sensor, Solenoid valve


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Joko Endrasmono
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK KELISTRIKAN KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.