Evaluasi Hasil Perencanaan Main Switch Board Pada Kapal Cepat Rudal 60 M seri 273

EVALUATION OF PLANNING OF MAIN SWITCH BOARD OF QUICK SHIP MISSILES ( KCR ) 60 M SERIES 273

Febri Cahyo Utomo (6411030043)


Abstrak

Perencanaan dan pemilihan kapasitas pengaman dan luas penampang penghantar dalam sebuah perencanaan Main Switch Board merupakan salah satu bagian vital dari pembuatan sebuah kapal baru. Hal itu dikarenakan Main Switch Board adalah bagian dari sistem distribusi listrik pada sebuah kapal. Dalam menentukan kapasitas pengaman dan luas penampang penghantar terlebih dahulu harus dilakukan perhitungan nilai arus nominal pada setiap beban. Kemudian dari nilai arus nominal yang telah dihitung itu disesuaikan dengan rule BKI 2006 untuk menentukan kapasitas pengaman dan luas penampang penghantar. Setelah itu dilakukan perbandingan antara data factual yang sudah ada dengan data hasil perhitungan yang sudah dilakukan dan sudah disesuaikan dengan regulasi. Berdasarkan perhitungan nilai arus nominal yang telah dilakukan dan telah dibandingakan dengan data factual, dapat diketahui bahwa penentuan kapasitas pengaman/breaker yang mengalami perubahan dengan regulasi pada kelompok beban V1 sebesar 31,25% dan pada kelompok beban V2 sebesar 35,29%. Sedangkan untuk penentuan luas penampang penghantar pada kelompok beban V1 yang sudah sesuai dengan regulasi sebesar 75% dan untuk kelompok beban V2 yang sudah sesuai dengan regulasi sebesar 70,58%. Sehingga dari hasil evaluasi tersebut dapat dijadikan acuan untuk perencanaan Main Switch Board pada kapal yang lain (baru). Kata Kunci : Main Switch Board , kapasitas pengaman, luas penampang penghantar, nilai arus nomin


Abstract

Planning and selection of safety and capacity of the conductor cross-sectional area in a planning Main Switch Board is one vital part of the making of a new ship .That's because the Main Switch Board is part of the electrical distribution system on a ship . In determining the safety and capacity of the conductor cross-sectional area must first be calculated at each value of the nominal current load .Later than the nominal current value that has been calculated that adjusted for rule BKI 2006 to determine the safety and capacity of the conductor cross-sectional area .Once that is done a comparison between the data existing factual data on calculations that have been done and has been adapted to the regulation. Based on the calculation of the nominal current value that has been done and has factual comparison of data , it can be seen that the determination of the capacity of the safety / breaker that comply with the regulatory burden on the group of 31,25% V1 and V2 in the load group by 35,29% . As for the determination of the conductor cross-sectional area V1 load group that is in conformity with the regulations of 75% and for load group V2 has been in accordance with the regulations of 70.58 % .So that the results of these evaluations can be used as a reference for planning the Main Switch Board on other ships ( new ) . Keywords : Main Switch Board , seat capacity , conductor cross-sectional area , the nominal current .


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Heru Lumaksono
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK KELISTRIKAN KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.