ANALISA KERUSAKAN BATTERY TYPE LEAD ACID DAN PEMILIHAN TYPE NICD SEBAGAI PENGGANTI PADA 250 VDC SISTEM EMERGENCY DI PLTU PAITON UNIT 7 PT.IPMOMI

ANALYSIS OF LEAD ACID BATTTERY DAMAGE AND SELECTION OF TYPE NICD AS SUBTITUTION OF 250 VDC EMERGENCY SYSTEM IN PAITON POWER PLANT UNIT 7 PT IPMOMI

Tabrani Surya Anggara (6411030025)


Abstrak

Baterai sebagai komponen elektronika peranannya sangat vital. Sebagai komponen yang mampu menyimpan energy selama waktu tertentu, peran baterai sangat penting. Apalagi di era perkembangan teknologi saat ini yang lebih mengutamakan peralatan dengan kemampuan yang handal dan yang paling penting memiliki tingkat fleksibilitas dan mobilitas yang sangat tinggi. Kerena alasan itulah saat ini teknologi tentang jenis-jenis baterai sangat berkembang. Selain peranan baterai yang sangat vital, baterai juga memerlukan perlakuan khusus dalam perawatan. Hal itu dikarenakan cara kerja baterai yang mengutamakan reaksi kimia di dalamnya dan disertai dengan reaksi-reaksi samping yang membuat baterai berkurang life-timenya. Baterai tipe lead acid sudah mengalami beberapa gejala kerusakan diantaranya temperatur baterai yang sudah melebihi batas normal yaitu 79-83?F yang dalam temperatur normalnya sekitar 77?F, dari work order atau berita acara ditemukan kerusakan pada wadah baterai, baterai juga sudah mengalami penurunan tegangan pada setiap selnya yaitu 2.00-2.100 V yang dalam keadaan normal sekitar 2.250-2.400 V, dan ciran elektrolit baterai yang berada dibawah tingkat normal. Maka dari itu alasan digantinya baterai tipe lead acid dengan baterai tipe nicad supaya dalam kinerja sistem darurat yang ada di PT. IPMOMI terpenuhi apabila terjadi pemadaman secara tiba-tiba. Perlakuan baterai pada saat penggunaan, pengisian serta perawatan-perawatan yang lainnya sangat perlu diperhatikan. Hal ini membuat kondisi baterai tetap stabil dan dapat memperpanjang life-time dari baterai itu sendiri. Alasan menganalisa sistem darurat yang terpasang di PT. IPMOMI dengan harapan bahwa penulis dapat memberikan pemahaman tentang sistem tersebut dengan benar dan dapat menginspirasi pembaca di bidang sistem darurat yang berupa baterai. Kata kunci : Lead-Acid, Nikel-Kadmium, Sistem Darurat PT. IPMOMI


Abstract

Battery as the role is very vital electronic components. As a component that can store energy for a certain time, the battery is very important roles. Especially in the current era of technological development that prioritizes equipment with a powerful ability and most importantly have a degree of flexibility and mobility is very high. Because they reason that the current technology of battery types is highly developed. In addition to the vital role of the battery, the battery also requires special treatment in treatment. That's because the workings of a battery that promotes chemical reactions in it and is accompanied by side reactions that make-timenya reduced battery life. Type of lead acid battery has experienced several symptoms including battery temperature has exceeded normal limits 79-83?F that the temperature is normally about 77?F, of a work order or an official report found damage to the battery compartment, the battery also has experienced a drop in voltage on each cell is 2.00-2.100 V are normally around 2250-2400 V, and ciran battery electrolyte is below the normal level. Thus the reason for the replacement of lead acid type batteries with a NiCad battery types so that in an emergency the system performance in PT. IPMOMI fulfilled in case of a sudden blackout. Treatment battery during use, charging and other treatments that are very worth noting. This makes the battery condition remains stable and can extend the life-time of the battery itself. Reason analyzing emergency systems installed in the PT. IPMOMI with the hope that the authors can provide insight into the system correctly and can inspire the reader in the field of emergency systems in the form of batteries. Keyword : Lead-Acid, Nikel-Kadmium, System Emergency PT. IPMOMI


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Isa Rachman
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK KELISTRIKAN KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.