ANALISIS GANGGUAN PADA MOTOR CIRCULATING WATER PUMP DI UNIT PLTGU PT PJB GRESIK

ANALYSIS OF INTERFERENCE OF WATER PUMP CIRCULATING MOTOR AT UNIT PLTGU PT. PJB GRESIK

M. Ilham Akbar Arrizqo (6411030009)


Abstrak

Motor CWP adalah bagian pertama dari proses sistem pendinginan PLTGU, fungsi dari motor CWP sangat penting yaitu sebagai penyedia sirkulasi air yang di alirkan dari tempat penampungan menuju kondensor. Motor CWP biasanya digerakkan dengan menggunakan motor induksi dengan ukuran yang cukup besar, dalam pengoperasiannya motor CWP harus sekecil mungkin terhindar dari gangguan, dimana gangguan tersebut dapat terjadi setiap saat yang berakibat rusaknya motor serta terhambatnya kerja dari sistem pendingin PLTGU. Pada tugas akhir ini akan dianalisa gangguan yang terjadi pada motor CWP meliputi gangguan mekanik yaitu over-temperature pada bearing motor CWP, dan gangguan kelistrikan over-current. Metode analisa menggunakan data hasil pengukuran secara langsung atau history yang tercatat saat terjadi gangguan, pada gangguan over-temperature bearing indikasi gangguan diketahui pada monitoring ruang control, pemeriksaan pada bearing motor menggunakan metode kamera inframerah sedangkan pada gangguan over-current diketahui pada panel rele pengaman motor dan dari data history pengukuran yang tercatat sehingga dapat diketahui penyebab gangguan Pada gangguan over-temperature bearing menunjukkan nilai 920C pada monitor ruang control sedangkan pengukuran menunjukkan 670C, kesalahan akurasi disebabkan kesalahan pemasangan pada kabel sensor panas thermocouple sedangkan gangguan over-current di sebabkan pengendapan lumpur pada water intake sehingga motor bekerja berat.


Abstract

Motor CWP is the first part of the Combined Cycle Power Plant cooling system, the function of the motor CWP is very important that the provider of water circulation in the stream from the condenser to the shelter. CWP motors are usually driven by an induction motor by using a large enough size, to operate a motor CWP should be as small as possible to avoid interference, where interference can occur at any time, and undermine and hamper the work of the motor cooling system PLTGU. In this thesis will analyze disturbances that occur in the motor CWP include mechanical disturbance that is over-temperature the motor bearing CWP, and over-current electrical interference. Analysis method using measurement data directly or recorded history when interference occurs, the interference over-temperature bearing in mind the indications of disturbance monitoring control room, checking the motor bearings using an infrared camera while the over-current interruption is known in the motor safety relay panel and from measurements recorded history data so it can be the cause of interference The over-temperature disorders bearing 920C shows the value of the control room monitor while measurements showed 670C, accuracy fault caused by mounting errors in thermocouple heat sensor cable while the over-current interruption caused siltation of water intake on weight so the motor works.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Boedi Herijono
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK KELISTRIKAN KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.