ANALISA SISTEM KERJA DAN INSTALASI GMDSS (GLOBAL MARITIME DISTRESS AND SAFETY SYSTEM) RADIO STATION FURUNO PADA KAPAL TANKER 53.000 GT

INSTALLATION AND WORKING SYSTEM ANALYSIS OF GMDSS (GLOBAL MARITIME DISTRESS AND SAFETY SYSTEM) RADIO STATION FURUNO AT TANKER SHIP 53.000 GT

Adi Nugroho (6410030028)


Abstrak

ANALISA SISTEM KERJA DAN INSTALASI GMDSS (GLOBAL MARITIME DISTRESS AND SAFETY SYSTEM) RADIO STATION FURUNO PADA KAPAL TANKER 53.000 Nama Mahasiswa : Adi Nugroho (6410030028) Dosen Pembimbing : M. Basuki Rahmat, ST., MT. Abstrak Dunia transportasi laut sangat rawan kecelakaan baik yang disebabkan oleh faktor manusia (human error) atau kesalahan teknis. Untuk itu dibutuhkan teknologi canggih yang dapat mengirimkan sinyal marabahaya dan informasi kepada stasiun radio pantai atau kapal-kapal di area geografis tertentu untuk menanggulangi musibah kecelakaan. Salah satu tindakan untuk menghindari permasalahan tersebut, semua kapal di atas 300 GT (gross tonnage) harus dilakukan pemasangan sistem komunikasi GMDSS (Global Maritime Distress and Safety System) sesuai dengan peraturan IMO dan SOLAS. GMDSS Radio Station adalah kumpulan peralatan navigasi yang berfungsi sebagai alat komunikasi keselamatan dan marabahaya di kapal secara global yang terdiri dari VHF Radiotelephone, MF/HF Radiotelephone, Inmarsat-C dan NBDP (Narrow Band Direct Printing). Pemasangannya harus di integrasikan dengan peralatan navigasi pendukung yaitu GPS (Global Positioning System) untuk menunjang sistem kerjanya, jika terjadi keadaan marabahaya kapal-kapal lain yang berada di sekitar lokasi musibah dapat mengetahui dan memberikan pertolongan dengan keterlambatan waktu sekecil mungkin sehingga tidak terjadi korban jiwa dengan panggilan DSC (Digital Selecticve calling) yang menggunakan sinyal frekuensi. Pemahaman sistem kerja peralatan dan pemasangan instalasi yang sesuai dengan prosedur harus diperhatikan agar peralatan dapat berfungsi secara optimal dalam waktu yang lama. Hal tersebut sangat penting karena kegagalan instalasi ataupun pemasangan yang tidak sesuai prosedur akan berakibat fatal bagi keselamatan Anak Buah Kapal. Kata Kunci : Digital Selective Calling, instalasi, Global Maritime Distress and Safety System, sistem kerja


Abstract

INSTALLATION AND WORKING SYSTEM ANALYSIS OF GMDSS (GLOBAL MARITIME DISTRESS AND SAFETY SYSTEM) RADIO STATION FURUNO AT TANKER SHIP 53.000 GT Nama Mahasiswa : Adi Nugroho (6410030028) Dosen Pembimbing : M. Basuki Rahmat, ST., MT. Abstract The world of marine transportation is highly vulnerable to accidents whether caused by human factors (human error) or technical errors. That requires a sophisticated technology that can transmit a distress signals and information to coastal radio stations or ships in a specific geographical area to overcome accidental injuries. One of the measures to avoid these problems is that all ships over 300 GT (gross tonnage) should be the installed to GMDSS (Global Maritime Distress and Safety System) communications system in accordance with IMO and SOLAS regulations. GMDSS Radio Station is a collection of navigation equipment that serves as a safety and distress communication tools in ship globally consisting of VHF Radiotelephone, MF/HF Radiotelephone, Inmarsat-C and NBDP (Narrow Band Direct Printing). On its installation must be integrated with the supporting navigation equipment that is the GPS (Global Positioning System) to support its working system, If there is a state of distress another ship was in the vicinity of the disaster can find and provide help with the smallest possible time delay so there is no loss of life whit the call DSC (Digital Selecticve calling) that use frequency signal. The understanding of the equipment working system and installation in accordance with the procedures must be considered so the equipment can function optimally in a long time. This is very important because of the installation failure or improper installation may be fatal to the safety of the crew. Keywords : Digital Selective Calling, installation, Global Maritime Distress and Safety System, working system


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Mohammad Basuki Rahmat
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK KELISTRIKAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.