PERANCANGAN SISTEM ELECTRONIC INTERLOCK GENERATOR KAPAL CB. SUBERKO 01.

DESIGN OF AN ELECTRONIC SYSTEM FOR SHIP GENERATOR INTERLOCK CB. SUBERKO 01.

Febri Dinal Puranda (6410030010)


Abstrak

ABSTRAK PT. ORELA SHIPYARD adalah sebuah perusahaan yang memproduksi berbagai jenis kapal, antara lain: kapal pesiar, kapal tanker, kapal kargo, dan kapal boat. Pada saat ini masih dalam pengerjaan membuat kapal boat yang diberi nama CB. TEGUH dan kapal pesiar yang diberi nama CB. SUBERKO 01. Dari pembuatan kapal CB. Suberko 01 terdapat permasalahan terhadap sistem proteksi pada distribusi di PT. ORELA SHIPYARD. Pada panel MSB tidak menggunakan sistem interlock generator sehingga apabila terjadi kerusakan pada generator pertama maka operator listrik harus menuju ke main engine untuk mengubah selector switch sehingga tidak secara otomatis menghidupkan generator kedua. Hal ini dapat mengakibatkan terjadi pemadaman listrik secara mendadak. Pengoperasian sistem electronic interlock generator secara manual membutuhkan waktu ? 10 menit sedangkan secara otomatis membutuhkan waktu hanya ? 3 menit. Berdasarkan hasil perhitungan, sistem interlock generator manual In pada kabel= 87A dan kamampuan hantar arusnya= 108,75A kabel yang digunakan yaitu kabel UNIKA dengan type HFFR ukuran 4 x 95mm?; MCCB merk schneider dengan type NSX 125F TMD dengan rating arus sebesar 125A dan In sebesar 109A. Pada sistem generator otomatis hasil perhitungan In nya sama dengan sistem manual, tetapi yang membedakan adalah voltage relay yang sistem kerjanya memutuskan tegangan apabila kurang dari 380 V. Perbedaan dari rangkaian sistem manual dan sistem otomatis adalah pada rangkaian sistem kontrol manual menggunakan selector switch sedangkan sistem otomatis menggunakan relay tipe MK 200A. Kata Kunci : Kapal, MSB, MCCB,Generator, Sistem Proteksi


Abstract

ABSTRACT PT. ORELA SHIPYARD is a company that produces many different types of ships, among others: cruise ships, tankers, cargo ships, and ships boat. At the moment it's still in progress making ships boat, named CB. Firm and a yacht named CB. SUBERKO 01. From the CB shipbuilding. Suberko 01 there is the problem of the protection system on the distribution of PT. ORELA SHIPYARD. On the panels interlock system does not use the MSB generator so that in the event of damage to the electric generator operator must first then headed into the main engine to change the selector switch so that it does not automatically switch on the second generator. This can lead to sudden blackout. The operation of the electronic system generator interlock manually takes approximately 10 minutes while automatically takes only approximately 3 minutes. Based on the results of the calculation, the system interlock cable manual generator In the 87A and send kamampuan = arusnya = 108, 75A cable cable used is UNIKA with type HFFR size 4 x 95 mm ?; MCCB schneider brand and type of the NSX 125F TMD with a current rating of 125A and Ins of 109A. On the system of automatic generator calculation result In him together with manual systems, but the difference is the voltage relay works the system decides when voltage less than 380 V. differences from a series of manual and automatic system was a series of manual control system using the selector switch while the automated system using relay type MK 200A. Keywords: Boats, MSB, MCCB, Generator Protection System


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Didik Sukoco
Dosen Pembimbing 2 : Didik Sukoco

Program Studi : D3 - TEKNIK KELISTRIKAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.