ANALISIS RANGKAIAN INTERLOCK SYSTEM PADA MAIN SWITCH BOARD (MSB) DI KAPAL FERRY 750 GT

INTERLOCK CIRCUIT ANALYSIS SYSTEM AT THE MAIN SWITCH BOARD (MSB) IN 750 GT FERRY

Dito Octavianus Permana Putra (6410030005)


Abstrak

PT DUMAS TANJUNG PERAK SHIPYARD SURABAYA merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan kapal baru dan repair. Main Switch Board (MSB) adalah panel listrik yang mengatur semua kelistrikan yang ada di dalam kapal Ferry 750 GT. Dalam panel MSB terdapat suatu pengaman yaitu interlock system yang berguna untuk mengamankan jalannya kelistrikan pada kapal Ferry 750 GT. Interlock system dipasang untuk mengamankan komponen terkecil sampai keseluruhan dari arus lebih yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Interlock system bekerja jika MCCB1 dalam posisi tertutup (ON) kumparan mekanis menarik koil Auxliarry Contact menjadi NC sehingga kontaktor mendapat tegangan dan kontak bantu bekerja memutuskan arus listrik yang mengalir dari generator ke komponen yang berada dalam MCCB2 dan MCCB3 yaitu Undervoltage Trip sehingga MCCB2 dan MCCB3 dalam posisi terbuka (OFF) Pemasangan Interlock system yang sesuai standar perlu untuk diperhatikan agar interlock system dapat bertahan dalam waktu yang lama. Dengan menggunakan metode penelitian kasus/lapangan didapat di dalam Main Switch Board (MSB) Kapal Ferry 750 GT terdapat sistem pengaman yaitu Interlock system, pada system tersebut terpasang peralatan MCCB Undervoltage Trip Auxliary Contact sebesar 200A untuk Diesel Generator dan 100A untuk Shore Connention, Kontaktor, Over Current Relay 204A, kabel UNIKA tipe HFFR 4x95mm? untuk kabel power dan tipe HFFR 1x2,5mm? untuk kabel kontrol. Kata kunci : MSB,MCCB,Interlock system,arus lebih,over current relay


Abstract

PT DUMAS TANJUNG PERAK SHIPYARD SURABAYA is a company engaged in the field of new shipbuilding and repair. Main Switch Board (MSB) is the electrical panel that regulates all the electricity that is in the Ferry boat 750 GT. In the panel MSB that there is a safety interlock system that allows you to secure the electricity at ferry boat 750 GT. Interlock system is installed to secure the smallest component to entire of overcurrent can occur at any time. Interlock system works if MCCB1 in the closed position (ON) it interisting mechanical pull coil to Auxiliarry Contact NC that gets voltage contactors and auxiliary contacts work deciding which electric current flows from the generator to components that are in the MCCB2 and MCCB3 so undervoltage Trip MCCB2 and MCCB3 in open position (OFF) Interlock system installation standards need to be considered in order that interlock system can survive for a long time. By using the case study method / field obtained in the Main Switch Board (MSB) Ferry boat 750 GT safety systems exist that Interlock system, the system is installed equipment MCCB Undervoltage Trip Auxliary Contact for Diesel Generators 200A and 100A for Connention Shore, contactors, Over Current Relay 204A, cable 4x95mm? UNIKA HFFR type of power cable and HFFR type 1x2, 5mm? for control cables. Key Word : MSB,MCCB,Interlock system,over current,over current relay


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Edy Prasetyo Hidayat
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK KELISTRIKAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.