Desain Propeller Kapal Tanker 6500 DWT

Propeller Design On 6500 DWT Tanker

Lutfi Wahyu Susanto (6313030074)


Abstrak

Kapal tanker 6500 DWT merupakan kapal tanker milik PT. Odyssey Shipping Line yang dibangun oleh PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (persero) pada tahun 2016. Kapal tersebut mempunyai sister ship yang sebelumnya sudah dibangun, diantaranya MT. Kasim dan MT. Kamojang milik PT. Pertamina. Meskipun sister ship namun kedua kapal tersebut memiliki motor induk dan gearbox yang berbeda.Untuk mendapatkan performa kapal yang baik maka pada Tugas Akhir ini didesain propeller FPP baru berdasarkan motor induk dari kedua sister ship. Pemilihan propeller FPP pada Tugas Akhir ini menggunakan metode Bp-d. Propeller yang dipilih adalah propeller berdiameter optimum dengan efisiensi tertinggi. Propeller terpilih selanjutnya dicek kavitasi dengan menggunakan diagram Burril. Propeller yang lolos kavitasi dimatchingkan dengan motor induk sister ship. Berdasarkan matching tersebut dapat diketahui berapa kecepatan dinas maksimum yang dapat dicapai dan dapat ditentukan juga motor induk dari sister ship mana yang paling efektif jika dipasang pada kapal yang sedang dibangun. Kedua matching antara propeller terpilih dengan motor induk yang tersedia dapat mencapai kecepatan dinas kapal yang telah ditentukan owner. Berdasarkan pertimbangan seperti dimensi motor induk, berat motor induk, dan konsumsi bahan bakar yang seminimal mungkin, maka motor induk yang paling efektif jika dipasang pada kapal tanker 6500 DWT adalah motor induk dari MT. Kamojang yang berdaya 2760 kW dengan propeller yang sesuai yaitu tipe B4-55 diameter optimum 3,366 meter, efisiensi propeller 0,57, dan pitch ratio 0,72. Variasi motor induk dan propeller tersebut dapat mencapai kecepatan dinas sebesar 13,74 knot pada kondisi service. Kecepatan dinas yang ditentukan owner yaitu sebesar 12 knot dapat dicapai dengan daya sebesar 2490,83 kW, putaran propeller 202,56 rpm dan putaran engine 720 rpm.


Abstract

6500 DWT tanker is a tanker owned by PT. Odyssey Shipping Line that is being built by PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) in 2016. The ship has sister ships that had been built, those are MT. Kasim and MT. Kamojang owned by PT. Pertamina. Both of sister ships have different main engine and gearbox. To reach the best ship performance, in this final project will be designed new FPP propeller based on main engine of both sister ships. The selection of FPP propeller in this final project uses Bp ? d method. After propeller with the highest efficiency and optimum diameter was selected, it should be checked by using the Burril?s cavitation diagram. Propeller which passes cavitation will be matched with the main engine of sister ships.Based on matching, the maximum service speed will be known and also the most effective engine of sister ship can be determined. Both of matching between selected propellers with the available main engines can reach a service speed that has been determined by owner. Based on consideration of main engine?s dimension, engine?s weight and minimum fuel consumption, then the most effective main engine while it was mounted on 6500 DWT tanker is the main engine of MT. Kamojang with power 2760 kW and the suitable propeller is B4-55 with optimum diameter 3.366 meters, propeller efficiency 0.57, and pitch ratio 0.72. The variation of that main engine and that propeller can reach a service speed about 13.74 knots at service condition. The service speed about 12 knots that has been determined by owner can be reached with power 2490.83 kW, 202.56 rpm propeller speed and 720 rpm engine speed.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Adi Wirawan Husodo
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.